Blora on News :
Home » , » Dalang Langka, PEPADI Blora Buka Kesempatan Anak-anak Belajar Wayang Krucil

Dalang Langka, PEPADI Blora Buka Kesempatan Anak-anak Belajar Wayang Krucil

infoblora.com on Oct 16, 2015 | 6:30 AM

Aksi Ki Sarjono saat memainkan wayang krucil di Blok T dalam acara Wayangan Malam Jumat Pon, Kamis (15/10)
semalam kerjasama PEPADI Kabupaten Blora. (teg-ib)
BLORA. Minimnya regenerasi dalang wayang krucil di wilayah Blora mendorong Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Blora untuk membuka kesempatan pembinaan dalang-dalang cilik. Hingga saat ini berdasarkan data, jumlah dalang wayang krucil semakin menipis tinggal 4 dalang senior yang masih aktif. Belum ada dalang cilik yang membidangi jenis wayang ini.

H.Sukarno Ketua PEPADI Kabupaten Blora saat membuka wayangan malam Jumat Pon di Blok T, Kamis (15/10) semalam mengemukakan bahwa saat ini regenerasi dalang wayang krucil di Blora bisa dibilang nol. Belum ada dalang-dalang muda yang serius mengembangkan dan meneruskan budaya khas gagrak Blora ini.

H.Sukarno Ketua PEPADI Kabupaten Blora saat sambutan menyampaikan
keinginannya untuk membuka bimbingan wayang krucil. (rs-ib)
“Agar dunia pewayangan krucil di Kabupaten Blora kembali eksis dan banyak digemari masyarakat, kali ini sengaja kami selenggarakan wayangan malam Jumat Pon dengan pentas krucil di ruang publik Blok T. Tujuannya agar krucil kembali dikenal masyarakat yang pada akhirnya akan muncul minat belajar wayang kayu ini dari kalangan muda demi regenerasi dalang,” kata H.Sukarno.

“Sampai saat ini tinggal 4 dalang yang masih aktif memainkan krucil. Kebanyakan mereka sudah sepuh-sepuh (tua-red). Kami dari PEPADI dan keempat dalang krucil senior ini sepakat membuka diri kepada siapapun para pemuda yang ingin belajar krucil untuk datang menghubungi PEPADI,” lanjutnya.

Pihaknya mempersilahkan jika ada anak-anak yang ingin belajar wayang krucil bisa berhubungan dengan PEPADI. Bisa datang langsung ke sekretariat PEPADI di Jl.Gatot Subroto Lorong 2 No.50 Tambahrejo Blora untuk koordinasi pelatihan wayang krucil.

Untuk diketahui dalam pementasan wayang krucil semalam di Blok T menampilkan dalang Ki Sarjono dari Karangjati dengan lakon Brawijaya Bali Kraton. Acara berlangsung mulai 21.00 WIB dan dipadati masyarakat umum yang penasaran dengan penampilan pentas wayang krucil karena sudah jarang ditampilkan.

Dhimas (23) salah satu warga Kauman Blora yang malam itu nonton wayang krucil di Blok T mengungkapkan bahwa ia bersama teman-temannya ingin tahu aksi wayang yang terbuat dari kayu ini. “Saya sudah sering nonton wayang kulit, sedangkan untuk wayang krucil ini belum pernah nonton. Sehingga saya tertarik untuk menonton ke Blok T dan ternyata lucu dan unik,” ungkap Dhimas sambil tersenyum. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved