Blora on News :
Home » , » Daerah Penghasil Minyak di Indonesia Belajar Pengelolaan Sumur Tua ke Blora

Daerah Penghasil Minyak di Indonesia Belajar Pengelolaan Sumur Tua ke Blora

infoblora.com on Oct 14, 2015 | 5:00 AM

Salah satu sumur yang ada di Desa Banyuasin menjadi percontohan pengelolaan sumur minyak tua. (tq-gr)
BLORA. Dua daerah penghasil minyak di Indonesia belajar pengelolaan sumur minyak tua di Blora. Kedua daerah itu adalah Kabupaten Musirawas Provinsi Sumatera Selatan dan Kabupaten Siak Provinsi Riau.

“Berturut-turut kami menerima kedatangan tamu dari Pulau Sumatera. Pekan ini tamu dari Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Kabupaten Musirawas, pekan depan giliran Kabupaten Siak,” ujar Kepala Dinas ESDM Blora H Setyo Edy, kemarin.

Forum Konsultasi Daerah Penghasil Migas (FKDPM) tahun lalu memberikan penghargaan Pemkab Blora lantaran dinilai berhasil dalam tata kelola sumur minyak tua. FKDPM merupakan wadah berkumpulnya daerah-daerah penghasil minyak dan gas (migas) di Indonesia. 

Tak hanya dari pulau Jawa, dalam FKDPM terhimpun pula kabupaten dan kota yang selama ini dikenal kaya minyak seperti Kutai, Balikpapan, Sorong dan Musi Banyuasin. FKDPM pun merekomendasikan daerah- daerah lainnya untuk belajar pengelolaan sumur minyak tua kepada Blora.

Dari hal itulah, menurut Setyo Edy, daerah-daerah penghasil migas di Indonesia terutama yang memiliki sumur tua datang ke Blora untuk melakukan studi banding pengusahaan sumur tua oleh KUD dan BUMD.

Pengelolaan sumur minyak tua di Blora mengacu Peraturan Menteri (Permen) ESDM nomor 01 tahun 2008 tentang Pengusahaan Sumur Tua. Berdasarkan Permen itu KUD dan BUMD diberikan kesempatan turut serta mengelola sumur minyak tua di daerahnya.

“Maka layak saat ini apabila Kabupaten Blora dijadikan lokasi studi banding dari Dinas ESDM di Pulau Jawa maupun luar Jawa, khususnya yang memiliki sumur tua. Sebab, pengelolaan sumur tua di Blora mengacu ketentuan yang berlaku dan dinilai berhasil,” kata Setyo Edy.

Blora dipilih sebagai lokasi pembelajaran bukan tanpa alasan. Apalagi pemerintah pusat telah menetapkan koperasi unit desa (KUD) Wargo Tani Makmur Kecamatan Jiken sebagai KUD pertama di Indonesia yang turut serta mengelola sumur minyak tua sejak beberapa tahun lalu. Selain KUD, pengelolaan sumur minyak tua dilakukan pula BUMD PT Blora Patra Energi (BPE). (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved