Blora on News :
Home » , » Bubarkan Panwaslu Jika Gagal Tangani Pelanggaran Pidana Pilkada di Blora

Bubarkan Panwaslu Jika Gagal Tangani Pelanggaran Pidana Pilkada di Blora

infoblora.com on Oct 21, 2015 | 7:30 AM

Kinerja Panwaslu Kabupaten Blora disorot beberapa LSM terkait ketegasannya menangani berbagai
bentuk pelanggaran tahapan Pilkada 2015. (ilustrasi-rs)
BLORA. Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dituntut bekerja ekstra keras dalam penyelenggaraan Pilkada. Sebab, di pundak Panwaslu lah pelanggaran Pilkada yang dimungkinkan terjadi bakal dijerat sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

Rekomendasi yang dikeluarkan Panwaslu pun bakal menjadi pegangan bagi institusi lainnya untuk bertindak. Tak hanya pelanggaran administratif saja yang ditindaklanjuti, pelanggaran pidana pun harus menjadi fokus perhatian Panwaslu.

“Lebih baik bubarkan Panwaslu jika tidak bisa menangani pelanggaran pidana Pemilu,” ujar Ronny Maryanto, Divisi Korupsi Politik dan Anggaran KP2KKN Jateng dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Mungkinkah PNS Netral yang diselenggarakan LSM Cerdas di Aula PKPRI Blora, Selasa (20/10).

Ronny menyayangkan sejumlah pelanggaran pada pemilu sebelumnya yang hanya diputus pelanggaran administratif belaka. “Apakah memang dibuat seolah-seolah pelanggaran itu sebagai pelanggaran admistratif atau bagaimana,” tandasnya.

Tantangan agar Panwas bekerja profesional dikemukakan pula Penjabat (Pj) Bupati Blora Ihwan Sudrajat yang menjadi keynote speaker FGD tersebut. Menurutnya, bupati akan menindaklanjuti rekomendasi Panwaslu diantaranya yang terkait dengan pelanggaran netralitas PNS. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved