Blora on News :
Home » , » Blora Ditetapkan Sebagai Salah Satu Kabupaten Endemis Kaki Gajah di Jateng

Blora Ditetapkan Sebagai Salah Satu Kabupaten Endemis Kaki Gajah di Jateng

infoblora.com on Oct 27, 2015 | 6:30 PM

Prosentase jumlah penderita penyakit kaki gajah di Blora berada di ambang batas endemis. (foto-is)
BLORA. Kabupaten Blora dinyatakan sebagai salah satu kabupaten di Jateng yang endemis penyakit kaki gajah (filariasis). Sebab, penyakit pembengkakan pada kaki tersebut kerap ditemukan di wilayah Blora.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Henny Indriyanti melalui Kepala Bidang Pencegahan, Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (P3LP) Lilik Hernanto mengemukakan, prosentase jumlah penderita penyakit kaki gajah di Blora berada di ambang batas prosentase endemis.

Dia mengungkapkan belum lama ini dilakukan survey terhadap 350 orang di kawasan yang diduga endemis kaki gajah. Hasilnya, ditemukan beberapa orang yang positif kaki gajah. Prosentasenya pun di atas satu persen.

“Dalam catatan kami, jumlah penderita penyakit kaki gajah di Blora sejak 2005 mencapai 16 orang. Penderitanya telah meninggal dunia. Pada tahun ini ditemukan lagi beberapa orang yang positif mengidap penyakit kaki gajah,” ujar Lilik Hernanto, Selasa (27/10).

Penyakit kaki gajah bisa ditularkan melalui gigitan segala jenis nyamuk, terutama jenis Culex Fatigan. Namun, meski penyebarannya bisa melalui nyamuk, masyarakat diminta untuk tidak resah. Pasalnya, penyakit itu tidak seperti demam berdarah. Sebab, microvilaria bisa menular jika seseorang digigit nyamuk sampai seribu kali.

Penyakit ini juga terkenal dengan penyakit menahun yang sangat merugikan bagi penderitanya. Ketika seseorang terserang penyakit ini maka bekas yang ditimbulkan tidak dapat hilang bahkan jika tidak ada penanganan khusus mampu menjadikan cacat bagi penderitanya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved