Blora on News :
Home » , , » Berkah Bengawan Solo di Musim Kemarau, Pencari Ikan Raup Rejeki Melimpah

Berkah Bengawan Solo di Musim Kemarau, Pencari Ikan Raup Rejeki Melimpah

infoblora.com on Oct 25, 2015 | 1:30 PM

Panut (40) pencari ikan di Bengawan Solo meraih
banyak ikan jendil. (foto-aw)
BLORA. Debit air Bengawan Solo yang menurun drastis saat musim kemarau membawa berkah tersendiri bagi para nelayan pencari ikan. Terlebih saat terjadi “Pladu” dimana banyak ikan-ikan besar muncul dipermukaan karena teler akibat kondisi cuaca yang ekstrem. Saat pladu itulah perolehan ikan para nelayan sungai meningkat drastis, bahkan pendapatannya bisa naik hingga 3 kali lipat jika dibandingkan dengan hari-hari biasa.

Salah satu nelayan Bengawan Solo, Panut (40) warga Desa Mendenrejo Kecamatan Kradenan Blora menyatakan bahwa saat ini dirinya untung besar karena sedang terjadi pladu dan dirinya berhasil menangkap banyak ikan dari sungai yang ada di pinggiran desanya itu.

“Alhamdulillah saat pladu seperti ini ikan-ikan besar muncul di permukaan dan lebih mudah ditangkap. Hari biasa yang hanya mendapatkan 5-8 kg ikan, saat pladu ini bisa sampai 25 kg. Sebagian dijadikan lauk makan di rumah dan sisanya dijual bisa meraih untung sampai Rp 300 ribu,” bebernya, Minggu (25/10).

Hal yang sama juga diungkapkan Gaguk Permana (27) warga Dukuh Bapangan Desa Mendenrejo yang ikut pladu menangkap ikan di Bengawan Solo. Ia bersama rekannya berhasil meraih beberapa ikan besar jenis jendil dan patin yang menurutnya akan dijual ke warga lain yang membutuhkan.

“Lumayan mas bisa nambah uang saku, ikannya besar-besar jadi harganya juga mahal. Biasanya saat pladu seperti ini kita tidak perlu pusing menjual ke pasar karena banyak warga yang sudah menunggu tangkapan ikan di tepi sungai dan membelinya,” jelas Gaguk.

Masyarakat membeli langsung ikan hasil tangkapan di pinggir Bengawan Solo. (foto-aw)
Ia mengatakan banyak warga sekitar baik dari Kecamatan Kradenan sampai Randublatung rela datang untuk membeli ikan hasil tangkapan pladu. Karena pladu hanya terjadi setahun hanya 2-3 kali maka ikan ini termasuk ikan khas Bengawan Solo yang banyak diminati warga.

(baca juga: Serunya Pladu, Puluhan Orang Beradu Tangkap Ikan di Bengawan Solo Kradenan)

Sejak Minggu pagi hingga siang tadi memang ada puluhan orang yang ikut terjun ke sungai Bengawan Solo untuk menangkap ikan tepatnya di Kedungmoyo Desa Mendenrejo Kecamatan Kradenan Blora yang dikenal sebagai pusat ikan jendil dan sejenisnya. (aw/tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved