Blora on News :
Home » , » Barong Kolosal, Carnival & Terjun Payung akan Meriahkan Pembukaan TMMD di Blora

Barong Kolosal, Carnival & Terjun Payung akan Meriahkan Pembukaan TMMD di Blora

infoblora.com on Oct 7, 2015 | 6:00 PM

Seni Barongan Nara SInga Lodra dan Ringkik Gidrang saat gladi bersih di lapangan Stadion Kridosono Blora,
Rabu sore (7/10). (rs-ib)
BLORA. Pembukaan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 95 besok pagi Kamis (8/10) di Stadion Kridosono Blora akan dibuka secara meriah. Selain akan dihadiri Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Mulyono, Pangdam IV Diponegoro, Wakil Gubernur, Kapolda Jateng dan para petinggi lainnya, kegiatan 5 tahunan sekali ini juga akan dibuka dengan pertunjukan seni barongan kolosal khas Blora, beberapa costum carnival dari Salatiga serta atraksi terjun payung TNI.

Untuk mematangkan penampilan, pada Rabu sore (7/10) semua komponen acara mengikuti gladi bersih persiapan pembukaan TMMD di lapangan Stadion Kridosono. Ratusan orang yang terlibat dalam acara ini baik dari unsur seniman, pelajar hingga pasukan TNI bergabung menjadi satu membentuk beberapa urutan penampilan yang tergarap bagus.

Berdasarkan pengamatan saat gladi bersih, usai upacara militer pembukaan TMMD akan langsung disuguhkan penampilan tari tani yang dibawakan oleh 100 siswa-siswa SMK sebagai awalan pertunjukan seni barongan kolosal bertema Nara Singa Lodra Ringkik Gidrang. Mereka menari dengan semangat mengikuti irama gamelan meski cuaca sore itu cukup panas.

Pasukan trai Ringkik Gidrang pelengkap Barongan Blora saat gladi resik sore tadi. (rs-ib)
Warsidi, salah satu pelatih tari barongan kolosal yang sore ini mengkoordinis gladi resik menjelaskan bahwa pihaknya dari Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora diminta partisipasinya oleh Kodim 0721/Blora untuk mensukseskan pembukaan TMMD 95.

“Kami tunjuk para pemenang parade seni budaya Kabupaten Blora untuk tampil kolosal di acara ini, yakni Barongan Nara Singa Lodra dari SMK N 1 Blora dan Seni Ringkik Gidrang dari SMK Muhammadiyah 1 Blora. Mereka berkolaborasi dengan baik, dan semoga besok akan memukau tamu undangan,” kata Warsidi disela-sela gladi bersih, Rabu (7/10).

Berikutnya sebelum atraksi terjun payung yang dimainkan 20 personil gabungan TNI dimulai, sepuluh kostum carnival dari Salatiga akan melenggak lenggok di depan para tamu undangan. Mereka didatangkan oleh Korem 073 Makutarama untuk ikut memeriahkan TMMD di Blora.

80 prajurit TNI dari Kopasus memperagakan beladiri Merpati Putih saat gladi bersih, Rabu sore (7/10). (rs-ib)
Pasukan beladiri Meprati Putih dari jajaran Kopasus juga akan ikut unjuk gelar di Stadion Kridosono besok. Hal ini sekaligus untuk menunjukkan bahwa TNI adalah tentara yang tidak hanya kuat di sisi persenjataan namun juga fisik untuk siap perang.

Sementara itu, Komandan Kodim 0721/Blora melalui Pasiter Kapten Chb Sudiyono menjelaskan bahwa Upacara Pembukaan TMMD Reguler 95 besok pagi akan dimulai pukul 10.00 WIB. “Semua persiapan sudah dilakukan dengan matang hari ini, termasuk acara-acara pendukung. Besok setelah KASAD mendarat dengan helikopter di Yonif 410 Alugoro akan langsung menuju Stadion untuk membuka TMMD. Diharapkan semua bisa berjalan lancar,” jelasnya.

Perlu diketahui program TMMD Reguler 95 ini dilaksanakan di Desa Karangtengah Kecamatan Ngawen dengan berbagai kegiatan baik pembangunan infrastruktur fisik maupun SDM. Namun karena di desa tersebut tidak ada lokasi yang memadahi untuk pelaksanaan pembukaan yang dihadiri KASAD, maka panitia sepakat melaksanakan pembukaan itu di lapangan Stadion Kridosono Blora. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved