Blora on News :
Home » , » Bahan Baku Kerajinan Bonggol Jati Terbakar, Parlan Rugi Jutaan Rupiah

Bahan Baku Kerajinan Bonggol Jati Terbakar, Parlan Rugi Jutaan Rupiah

infoblora.com on Oct 26, 2015 | 10:30 AM

Belasan bonggol jati bahan baku kerajinan terbakar di bawah rumpun bambu, milik Parlan warga Genjahan. (teg-ib)
BLORA. Peristiwa kebakaran menimpa perajin bonggol jati Parlan yang berada di Desa Genjahan Kecamatan Jiken, Senin pagi (26/10). Bahan baku bonggol jati yang hendak dibuat kerajinan bernilai jutaan rupiah tersebut hangus terbakar di tepi Jl.Blora-Cepu km 9 karena tersulut api pembakaran sampah.

Berdasarkan keterangan yang diceritakan oleh Parlan sang pemilik usaha kerajinan, kejadian berawal Senin pagi sekitar pukul 05.00 WIB saat tumpukan sampah di bawah bambu terbakar oleh orang tak dikenal. Tak berselang lama, karena banyak daun kering sehingga api merambat ke bonggol jati miliknya yang tidak jauh dari sampah yang terbakar.

“Pagi tadi usai subuh ada orang tak dikenal bermain api di bawah bambu dekat sampah. Saya perkirakan itu orang gila. Tahu-tahu sekitar pukul 05.30 WIB api membesar dan membakar bonggol jati milik saya,” kata Parlan, Senin (26/10).

Memang bonggol jati miliknya itu berada di pinggil jalan raya dekat semak-semak bambu. Ia mengaku belum sempat memindah bonggol jati yang baru ia beli dari seseorang itu ke tempat produksi kerajinannya.

“Bonggol-bonggol jati ini baru saya beli dari seseorang namun belum sampai saya pindahkan malah terbakar. Ya mau gimana lagi namanya musibah, saya tidak bisa menuntut siapa-siapa. Yang membakar orangnya gila, mau dipidanakan ya ndak mungkin,” lanjutnya.

Akibat kejadian ini ia mengaku mengalami kerugian hingga Rp 10 juta lebih, mengingat bonggol-bonggol tersebut kayu jati tersebut termasuk jenis kayu kualitas bagus sehingga harganya juga mahal.

Sementara itu untuk memadamkan api yang menjalar hingga menghabiskan sebagian bonggol jati milik Parlan, pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blora mengerahkan dua unit pemadam kebakaran dan satu tangki suplay air. Dari kejadian tersebut diketahui beberapa bonggol jati hangus dan kabel telkom ikut terbakar. (teg/rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved