Blora on News :
Home » , , » Anak-anak PAUD Mulai Dikenalkan Proses Pembuatan Batik Blora

Anak-anak PAUD Mulai Dikenalkan Proses Pembuatan Batik Blora

infoblora.com on Oct 17, 2015 | 2:30 PM

Anak-anak PAUD dikenalkan proses pembuatan batik Blora di griya batik Marwah Kel.Kedungjenar. (teg-ib)
BLORA. Untuk mengenalkan Batik Blora kepada generasi muda khususnya anak-anak, lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aisyiyah Blora kemarin mengajak para siswanya belajar proses pembuatan batik. Puluhan anak-anak diajak mengunjungi salah satu rumah batik yang ada di Jalan Musi Kelurahan Kedungjenar Blora yaitu rumah batik Marwah milik Ibu Upik.

Dirumah batik itu para anak-anak diajari cara membuat batik mulai mencanting sampai dengan pewarnaan. Mereka tampak senang dengan antusias mengikuti arahan ibu guru dan para pembatik. Anak-anak membuat beberapa motif batik sederhana seperti ikan, bunga, bola dsb.

“Kami kenalkan Batik Blora dari usia dini dan bagaimana cara membuat pakaian dari batik khas Blora ini sehingga nantinya mereka bisa ikut melestarikan kerajinan khas Blora ini,” jelas Kepala PAUD Aisyiyah, Ika Listiani.

Menurutnya kegiatan ini untuk menunjang kreatifitas anak-anak sehingga mereka dapat wawasan pembelajaran dalam proses membatik. Kedepan diharapkan anak-anak bisa mengembangkan dan melestarikan warisan budaya yang sudah lama, terutama produk lokal Blora ini.

Sementara itu, Ibu Upik pemilik rumah batik Marwah mengaku senang bisa dikunjungi anak-anak PAUD untuk lokasi pembelajaran membatik. Dalam kunjungannya pemilik rumah batik ini mengajari anak-anak bagaimana cara mewarnai, dan cara mencanting yang merupakan salah satu proses rangkaian membatik.

“Kami hanya memberikan dua pembelajaran dalam proses membatik, dikarenakan mereka masih terlalu kecil namun demikian diharapkan dengan kegiatan ini mereka dapat wawasan dan ilmu dalam proses membatik dan kedepan bisa mereka terapkan untuk selalu melestarikan batik khas Blora,” harapnya.

Fahmi salah satu siswa yang ikut belajar membatik mengatakan tidak ada kesulitan dalam mewarnai namun dalam proses mencanting terasa panas jadi agak takut tapi senang bisa dapat belajar membatik. “Senang tapi agak takut dalam mencanting karena menggunakan api untuk memanasinya, semoga besok-besok ada lagi,” terangnya. (teg-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved