Blora on News :
Home » , » Agar Tidak Punah, PEPADI Blora Gairahkan Lagi Seni Pertunjukan Wayang Krucil

Agar Tidak Punah, PEPADI Blora Gairahkan Lagi Seni Pertunjukan Wayang Krucil

infoblora.com on Oct 14, 2015 | 12:30 PM

Seni pertunjukan wayang krucil yang mulai langka di Kabupaten Blora akan dihidupkan kembali agar
dikenal masyarakat luas. (rs-ib)
BLORA. Keberadaannya yang mulai langka dan jarang dipentaskan di hadapan masyarakat umum membuat kesenian wayang krucil khas Kabupaten Blora kian tersisihkan. Agar kesenian ini tidak semakin punah, Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) Kabupaten Blora akan menggairahkan kembali pertunjukan seni wayang krucil yang terbuat dari kayu tersebut.

Ketua PEPADI Kabupaten Blora, H.Sukarno mengatakan bahwa sampai saat ini pihaknya berkomitmen untuk terus melestarikan segala bentuk potensi seni pewayangan yang ada di Kabupaten Blora mulai wayang kulit, wayang thengul, tidak terkecuali wayang krucil.

“Wayang krucil merupakan salah satu seni pertunjukan khas Kabupaten Blora selain barongan , wayang kulit, dan kethoprak. Namun karena jumlah seniman wayang krucil yang kini mulai langka dan jarang tampil di depan umum, maka kita akan gairahkan lagi agar bisa menghibur masyarakat,” kata H.Sukarno, Rabu (14/10).

Menurutnya, pertunjukan wayang krucil dalam waktu dekat ini akan dipentaskan di acara wayang malam Jumat Pon yang jatuh pada Kamis malam (15/10) besok. Pihaknya akan menampilkan aksi Ki Dalang Sarjono dari Kelurahan Karangjati Blora dengan lakon “Brawijaya Bali”. Acara yang akan dimulai pukul 20.00 WIB di panggung utama Blok T Kota Blora.

Selain saat pementasan wayang malam Jumat Pon, wayang krucil informasinya juga akan dipentaskan di Pendopo Kampung Samin Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo pada malam Jumat Pahing (29/10) mendatang guna memeriahkan tradisi Suronan Sedulur Sikep Karangpace.

Diketahui bersama bahwa kesenian wayang krucil sangat jarang dijumpai. Yang rutin setiap tahun menggelar pementasan wayang krucil hanya ada di prosesi sedekah bumi Tapaan Janjang Jatikusuma-Jatiswara Desa Janjang Kecamatan Jiken. Karena di desa ini wayang krucil merupakan benda suci yang harus dipentaskan setiap dihelat tradisi sedekah bumi. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved