Blora on News :
Home » , » Tim Transparansi Migas Desak Pemkab Blora Lakukan Uji Materi UU No.33 Th 2004

Tim Transparansi Migas Desak Pemkab Blora Lakukan Uji Materi UU No.33 Th 2004

infoblora.com on Sep 12, 2015 | 2:00 AM

Seno Margo Utomo, salah satu anggota Tim Transparansi Migas Kabupaten Blora.
BLORA. Wacana uji materi ke Mahkamah Konstitusi (MK) terhadap UU nomor 33 tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah jangan sampai redup. Pemkab Blora diminta berani melakukan uji materi tersebut. Sebab, uji materi terhadap UU yang tidak adil bagi Blora itu dinilai tidak berisiko.

”Seandainya uji materi itu ditolak MK, masih ada cara lain agar Blora bisa mendapat bagian dana bagi hasil minyak dan gas (migas) Blok Cepu, yakni dengan mendesak perubahan UU. Karena itu kami menilai uji materi itu tidak berisiko,” ujar Seno Margo Utomo, salah seorang anggota Tim Transparansi Pengelolaan Pendapatan Daerah Sektor Migas Blora, kemarin.

Sejak beberapa tahun lalu, Pemkab bersama Tim Transparansi memperjuangkan agar Blora memperoleh bagian DBH Migas Blok Cepu. Namun perjuangan secara diplomasi melalui lobi-lobi kepada kementerian terkait, DPR, DPD maupun Asosiasi Daerah Penghasil Migas (ADPM) hingga kini belum membuahkan hasil.

UU no.33/2004 dinilai tidak adil bagi Blora. Karena UU itulah Blora hingga kini tidak mendapat bagian DBH Migas Blok Cepu meski sebagian daerah Blora masuk wilayah kerja pertambangan (WKP) Blok Cepu. Berdasarkan UU tersebut, DBH migas diberikan kepada daerah penghasil serta provinsi dan kabupaten/kota yang berada dalam satu wilayah provinsi dengan daerah penghasil.

Saat ini eksploitasi sumur migas Blok Cepu dilakukan di Kabupaten Bojonegoro. Oleh karena itu Bojonegoro mendapatkan DBH migas Blok Cepu mencapai ratusan miliar setiap tahun. Sedangkan Blora tidak memperolehnya karena beda provinsi dengan kabupaten letak sumur minyak berada. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved