Blora on News :
Home » , » Tekan Pencurian Kayu, Perhutani & Polres Blora Ajak Warga Desa Amankan Hutan

Tekan Pencurian Kayu, Perhutani & Polres Blora Ajak Warga Desa Amankan Hutan

infoblora.com on Sep 14, 2015 | 12:00 PM

Petugas Perhutani KPH Cepu dan Polres Blora mengajak masyarakat desa hutan untuk bersama-sama
jaga keamanan tegakan jati. 
BLORA. Tingginya angka pencurian kayu di wilayah KPH Cepu Kabupaten Blora membuat petugas Perhutani dan Polres Blora keliling desa-desa tepi hutan untuk mengajak warga menjaga keamanan tegakan kayu jati. Masyarakat desa hutan atau pesanggem diimbau untuk ikut mengawasi dan memantau keberadaan kayu jati agar tidak hilang ditebang pencuri.

Saat ini diketahui bersama, banyak tegakan kayu jati yang siap tebang dan memasuki masa pengeringan (teres). Diantaranya di wilayah hutan dekat Desa Bleboh, Nglebur, Cabak, Kecamatan Jiken serta beberapa desa di Kecamatan Sambong.

Koordinator Keamanan yang juga Waka ADM Perhutani KPH Cepu, Agus Kusnandar, yang ikut blusukan ke desa-desa bersama Polres, mengigatkan kepada para pesanggem agar selalu ikut berperan aktif dalam melestarikan hutan.

“Banyak sekali manfaatnya bagi masyarakat apabila hutan jati tetap lestari. Dicontohkan, daun dan ranting kayu bisa diual untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Lahannya bisa untuk berladang. Bahkan setelah dilakukan tebang produksi akarnya bisa diambil dimanfaatkan untuk funiture. Oleh karena itu masyarakat desa hutan diminta aktif menjaga keamanan dan kelestarian hutan,” jelas Agus Kusnandar, Senin (14/9).

Sementara itu Kapolres Blora, AKBP Dwi Indra Maulana menyatakan bahwa pihaknya siap bekerjasama dengan Perhutani dalam pengamanan hutan. “Kami siap membantu, jika Perhutani membutuhkan pengamanan pun akan kami terjunkan petugas untuk turut serta berpatroli di hutan,” jelas Kapolres. (ud-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved