Blora on News :
Home » , » Ribuan Jamaah Ikuti Sholat Idul Adha di Masjid Agung Baitunnur Alun-alun Blora

Ribuan Jamaah Ikuti Sholat Idul Adha di Masjid Agung Baitunnur Alun-alun Blora

infoblora.com on Sep 24, 2015 | 8:30 AM

Ribuan jamaah mengikuti pelaksanaan sholat ied di Alun-alun depan Masjid Agung Baitunnur Blora. (rs-ib)
BLORA. Pelaksanaan sholat ied Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1436 H atau yang lebih dikenal sebagai lebaran haji di Masjid Agung Baitunnur Alun-alun Blora pagi tadi, Kamis (24/9) diikuti ribuan jamaah. Meskipun sebagian umat muslim telah merayakannya kemarin seperti halnya Muhammadiyah, suasana sholat ied yang jamaahnya sampai memenuhi kawasan Alun-alun ini tetap berlangsung khidmat dan khusyuk.

Sejak pukul 06.00 WIB umat muslim mulai berdatangan di masjid tertua di Kabupaten Blora ini. Sebagian lebih memilih menggelar tikar dan sajadah di jalan raya depan masjid serta Alun-alun. Petugas Satlantas pun menutup arus lalu-lintas masuk ke kawasan Alun-alun agar sholat ied dapat berjalan lancar dan khusyuk.

Pelaksanaan sholat ied didahului dengan sambutan Penjabat (Pj) Bupati Blora, Ihwan Sudrajat. Namun karena ia berhalangan hadir disebabkan ada kepentingan lain, maka sambutan diwakilkan oleh Plt Sekda Kabupaten Blora Sutikno Slamet.

Dalam sambutannya, ia mengucapkan  selamat Hari Raya Idul Adha bagi seluruh umat muslim khususnya warga Kabupaten Blora serta mengajak umat muslim meningkatkan ketaqwaan terhadap Allah SWT.

“Saya atas nama pribadi dan pemerintah Kabupaten Blora mengucapkan selamat Hari Raya Idul Adha 10 Dzulhijjah 1436 H dan marilah dengan momentum ini kita tingkatkan ketaqwaan kita kepada Allah SWT. Berkurban berarti kita merelakan barang atau benda yang kita sayangi untuk diserahkan kepada Allah, ini bentuk kepatuhan dan kecintaan kita kepada Sang Pencipta,” jelas Sutikno Slamet.

“Selain itu berkurban juga memiliki makna sosial yang tinggi. Dengan berkurban, kita yang diberikan rejeki lebih diwajibkan untuk saling berbagi dengan sesama. Bahwa dari rejeki yang kita peroleh selama ini ada sebagian yang harus dibagi karena ada hak mereka yang kurang mampu,” lanjut Sutikno Slamet.

Usai sambutan singkat Plt Sekda, sholat ied 2 rekaat dilaksanakan dengan KH Afifuddin bertindak sebagai imam, sedangkan khotbah Idul Adha disampaikan oleh KH Nur Salim. Semua jamaah tampak tenang dan khusyuk mengikuti sholat dengan disinari cahaya matahari pagi yang mulai menghangat. Acara selesai pukul 07.30 WIB dengan ditandai penyerahan hewan kurban kepada takmir Masjid Agung Baitunnur dari beberapa pejabat dan tokoh masyarakat. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved