Blora on News :
Home » , » Ponan Terakhir Jelang Idul Adha, Harga Sapi di Pasar Hewan Blora Menggila

Ponan Terakhir Jelang Idul Adha, Harga Sapi di Pasar Hewan Blora Menggila

infoblora.com on Sep 21, 2015 | 1:30 PM

Para pembeli sapi mengantri masuk, sementara salah satunya mengeluarkan sapi yang dibelinya dari Pasar Hewan Blora.

BLORA. Pasar hewan di Blora yang rutin digelar setiap hari pasaran jawa “Pon” atau yang lebih dikenal sebagai Pasar Ponan, Senin (21/9) dipadati pembeli dan pedagang mengingat beberapa hari lagi tiba Hari Raya Idul Adha atau Hari Raya Kurban bagi umat muslim. Tidak bisa dipungkiri harga sapipun menggila ditengah kebutuhan hewan korban untuk Idul Adha.

Para pedagang mengakui saat ini terjadi lonjakan harga hewan khususnya sapi, dimana sebelumnya harga sapi hanya ditaksir sekitar Rp 25 jutaan. Namun pada hari ini harga mencapai Rp 30 jutaan untuk jenis sapi peranakan brahma dan simental. Pembeli pun terpaksa bersusah payah melakukan penawaran agar tidak terkena lonjakan harga sapi kurban.

Suasana Pasar Hewan Ponan Blora, Senin (21/9).
Sukemi, salah satu penjual sapi dari Kecamatan Jiken mengungkapkan bahwa beberapa hari bekalangan ini mendekati Idul Adha memang harga sapi naik signifikan. Hal ini dikarenakan, selain kebutuhan kurban juga banyak masyarakat yang membutuhkan daging untuk hajatan pernikahan atupun khitanan. Sementara pemenuhan kebutuhan pakan ternak saat ini mahal karena musim kering.

“Saat harga pakan ternak mahal karena kemarau, sulit mendapatkan rumput dan air yang cukup untuk ternak. Namun kebutuhan akan daging naik menjelang kurban, secara otomatis harga sapi pun ikut meroket mas. Pembeli pun bisa menerima keadaan ini, walau banyak yang melakukan tawar menawar,” jelas Sukemi.

Sementara itu Kartono salah satu pembeli sapi kurban menuturkan dirinya memerlukn waktu cukup lama untuk melakukan tawar menawar pembelian sapi di Pasar Ponan Blora. “Mereka buka harga 31 juta untuk jenis simental, tapi setelah saya tawar akhirnya kena 28 juta,” kata Kartono.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, memang masih banyak pembeli yang berburu sapi untuk hewan kurban di Pasar Ponan. Hingga pukul 12.30 WIB masih ramai pembeli yang melakukan tawar menawar, padahal setiap ponan hari biasa paling tidak pukul 12.00 WIB mulai sepi. Selain dipasok dari beberapa wilayah di Kabupaten Blora, banyak juga pedagang sapi yang datang ke Blora dari Sulang (Rembang), Ngaringan, Wirosari (Grobogan) serta Pati. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved