Blora on News :
Home » , » Pj.Bupati Minta Kades dan Perangkatnya Pahami Undang-undang Desa

Pj.Bupati Minta Kades dan Perangkatnya Pahami Undang-undang Desa

infoblora.com on Sep 20, 2015 | 7:00 AM

Penjabat (Pj) Bupati Blora Ihwan Sudrajat meminta Kades dan perangkatnya untuk memahami UU Desa. (pr-km)

BLORA. Penjabat (Pj) Bupati Blora Ihwan Sudrajat meminta kepada seluruh perangkat desa dan kepala desa (kades) untuk membaca dan memahami Undang Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.

Permintaan tersebut dikemukakan Ihwan Sudrajat di beberapa kali kunjungan ke sejumlah desa di kecamatan yang diprogramkan sepekan dua kali. Pesan khusus disampaikan staf ahli gubernur Jateng bidang pemerintahan itu kepada para perangkat dan kades yang ditemuinya.

“UU nomor 6 tahun 2014 bisa menjadi pegangan dalam menjalankan tugas sebagai perangkat dan kades. Karena itu, baca dan pahami isinya,” ujarnya, di hadapan kades, perangkat desa serta tokoh masyarakat saat kunjungan keja dan monitoring administrasi pelaksanaan dana desa di Desa Cokrowati dan Sendang, Kecamatan Todanan.

Menurutnya, semua perangkat desa harus dilibatkan dalam mengelola desa. Apalagi anggaran untuk pembangunan desa yang dikucurkan pemerintah lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya.

“Jangan apa-apa dilakukan sendiri oleh kades. Giliran tiba menyusun administrasi mengalami kendala. Artinya, berdayakan sumber daya manusia yang ada, jalin komunikasi dan pembagian tugas,” tandas Ihwan Sudrajat.

Penjabat bupati yang dilantik gubernur Jateng 1 September itu tidak segan-segan pula memeriksa laporan pelaksanaan alokasi dana desa (ADD) di desa yang dikunjungi. Seperti yang dilakukannya di Desa Ngrawoh, Kecamatan Kradenan, belum lama ini.

“Pesan saya kepada para kades agar lebih serius dan hati-hati dalam pengelolaan anggaran. Sebab, semuanya harus dipertanggungjawabkan,” ujarnya di hadapan Kades Ngrawoh, Raji.

“Ke depan desa harus lebih bisa menyusun RPJMDes, APBDes dan RKPDes. Perencanaan itu sangat penting agar pembangunan di desa tepat sasaran,” kata Pj bupati. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved