Blora on News :
Home » , » Pj.Bupati Ihwan Sudrajat : Blora Berpotensi Jadi Sentra Buah di Jawa Tengah

Pj.Bupati Ihwan Sudrajat : Blora Berpotensi Jadi Sentra Buah di Jawa Tengah

infoblora.com on Sep 24, 2015 | 7:30 AM

Pj.Bupati Blora mencicipi buah segar hasil tanaman di sekitar Waduk Greneng Tunjungan, kemarin. (am-sm)
BLORA. Terik matahari yang tinggi serta panjang cahaya selama 12 jam yang menyinari Blora setiap hari saat musim kemarau, diyakini menjadi potensi tersendiri yang semestinya bisa dimanfaatkan. Dengan ciri khas tersebut membuat buah yang ditanam di wilayah Blora berasa lebih manis. Kabupaten Blora pun diyakini layak menjadi sentra produksi buah di Jateng.

“Di Tunjungan ada sentra buah durian. Di Todanan juga ada pisang byar. Saya sudah mencicipinya. Pisang ukuran besar dan panjang yang belum begitu matang itu saya rebus. Saya diamkan selama satu hari. Saya cicipi, rasanya ternyata luar biasa spektakuler, manis,” ujar Penjabat (Pj) Bupati Blora Ihwan Sudrajat, kemarin.

Sebagai insinyur pertanian, Ihwan Sudrajat mengetahui selama ini sentra pisang byar berada di Subah, Kabupaten Batang. Namun ternyata di Todanan juga terdapat pisang tersebut dengan rasa yang tidak kalah nikmat. Bukan hanya itu, saat mengunjungi sentra buah di kawasan Waduk Greneng, Ihwan Sudrajat terkesima dengan rasa aneka jenis buah-buahan lokal yang ditanam di tempat itu. Mulai dari pepaya, kelengkeng hingga jambu biji dan jambu air.

“Dalam dunia pertanian dikenal panjang cahaya. Di Blora ini panjang cahaya matahari selama 12 jam dan kelembaban tinggi. Itulah yang membuat buah buahan di Blora rasanya manis, beda dengan daerah lain. Di Amerika panjang cahaya 14-16 jam. Kedelai di Amerika kualitasnya bagus dibanding di negara lain,” tandasnya.

Sempat terpikir oleh bupati untuk memberikan nama salah satu buah setelah diberitahu belum ada nama buah yang disuguhkan kepadanya. “Saya sampaikan kenapa tidak diberinama “buah Blora” saja. Buah Blora itu kepanjangan dari Buah Lokal Indonesia Raya,” katanya.

Dari berbagai ciri khas rasa dan keunggulan buah-buahan di Blora, Ihwan Sudrajat yang juga pernah menjadi kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jateng itu pun menyakini jika Blora dijadikan setra produksi buah di Jateng, maka akan menjadi hal yang luar biasa. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved