Blora on News :
Home » , » Perusahaan Gas Negara (PGN) Akan Cek Ulang Kesiapan Program City Gas di Blora

Perusahaan Gas Negara (PGN) Akan Cek Ulang Kesiapan Program City Gas di Blora

infoblora.com on Sep 27, 2015 | 4:00 AM

Pusat Pengolahan Gas Jawa (PPGJ) Pertamina EP di Desa Sumber Kecamatan Kradenan. (am-sm)
BLORA. Kementerian Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) menugaskan Perusahaan Gas Negara (PGN) untuk mengelola jaringan gas(jargas) rumah tangga dalam program city gas di Blora. Namun lantaran jargas sudah dua tahun lebih belum berfungsi, jargas itupun bakal dicek kembali kelayakannya.

“Tentu akan dicek lagi sarana dan prasarana termasuk jargas yang sudah dibangun sejak 2013. Itu untuk memastikan jargas siap digunakan,” ujar Kepala Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Blora H Setyo Edy, Sabtu (26/9).

PGN menggantikan PT Pertamina Gas (Pertagas) yang sebelumnya diberi tugas sebagai pengelola jargas di sejumlah daerah. Pembangunan infrastruktur jargas di Blora sudah selesai di tahun 2013. Pembangunan jargas oleh kementerian ESDM.

Namun hingga kini sebanyak 4.000 rumah tangga yang menjadi sasaran program city gas belum bisa menikmati aliran gas ke rumah mereka. Padahal gas untuk city gas sudah diproduksi oleh Pertamina Eksplorasi dan Produksi (EP) Proyek Pengembangan Gas Jawa (PPGJ) di Desa Sumber, Kecamatan Kradenan, Blora.

Gas yang dihasilkan sejak 2014 itu sebesar 50 miliar british thermal unit per hari (BBTUD) digunakan untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Tambak Lorok, Semarang. Produksi gas Pertamina EP PPGJ sebagian diantaranya, akan dipakai untuk memasok kebutuhan gas program city gas di Blora.

“Kami berharap program city gas benar-benar bisa direalisasikan akhir tahun ini,” kata Setyo Edy. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved