Blora on News :
Home » , » Pelayanan Publik di Blora Tidak Memuaskan, Warga Diminta Lapor ke Ombudsman

Pelayanan Publik di Blora Tidak Memuaskan, Warga Diminta Lapor ke Ombudsman

infoblora.com on Sep 17, 2015 | 3:00 AM

Ketua Ombudsman Perwakilan Jateng, Ahmad Zaid saat mengisi sosialisasi di Blora kemarin.

BLORA. Warga masyarakat Kabupaten Blora jika menjumpai penyalahgunaan wewenang dan ketidakpuasan dalam hal layanan publik dari pemerintah diminta melapor ke Ombudsman RI. Hal itu disampaikan Ketua Ombudsman Perwakilan Jawa Tengah Ahmad Zaid saat menghadiri acara Sosialisasi Peranan Ombudsman RI dalam Peningkatan Layanan Publik di Blora, Rabu (16/9) kemarin.

“Laporkan ke kami jika masyarakat merasa dirugikan dalam hal layanan public yang berbelit dan tidak transparan. Kami sudah beberapa kali hadir di Blora karena adanya laporan dari masyarakat terkait beberapa indikasi buruknya layanan public. Untuk itu kali ini kami adakan sosialisasi di Blora,” jelas Ahmad Zaid.

Ombudsman merupakan lembaga negara pengawas pelayanan publik. Ombudsman mulai dibentuk di era pemerintahan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur) berdasarkan keputusan presiden (keppres). Kemudian pemerintah menguatkan kedudukan dan kewenangan Ombudsman melalui UU nomor 37 Tahun 2008 Tentang Ombudsman Republik Indonesia.

Dalam UU itulah antara lain diatur alur penyelesaian laporan atau pengaduan terhadap pelayanan publik. Seluruh warga negara Indonesia atau penduduk khususnya yang menjadi korban langsung tindakan maladministrasi bisa melaporkannya ke Ombudsman.

Maladministrasi yang dimaksud adalah perbuatan melawan hukum, melampaui kewenangan, menggunakan kewenangan untuk tujuan lain. Termasuk kelalaian atau pengabaian kewajiban hukum dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang dilaksanakan oleh penyelenggara negara dan pemerintahan.

Sosialisasi yang dilaksanakan di Aula Pemkab Blora itu dihadiri Penjabat (Pj) Bupati Ihwan Sudrajat dan para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) dari dinas dan instansi horisontal maupun vertikal serta para camat. Hadir pula dalam sosialisasi itu sejumlah pejabat yang membidangi pelayanan publik di Blora. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved