Blora on News :
Home » , » Menengok Kerajinan Anyaman Tas Tali Plastik Warga Desa Ketuwan Kedungtuban

Menengok Kerajinan Anyaman Tas Tali Plastik Warga Desa Ketuwan Kedungtuban

infoblora.com on Sep 19, 2015 | 10:00 AM

Warga Desa Ketuwan Kecamatan Kedungtuban membuat kerajinan tas anyaman dari tali plastik. (am-sm)

BLORA. Bagi sebagian orang, tali plastik yang biasa digunakan untuk packing dinilai kurang memiliki nilai ekonomis. Namun tidak untuk warga Desa Ketuwan, Kecamatan Kedungtuban, Blora. Di tangan mereka, tali packing berubah menjadi aneka barang seperti tas dengan nilai jual tinggi.

Suseno (37) warga RT 06 RW 03 Desa Ketuwan menuturkan, usaha pembuatan tas dari bahan baku tali packing di desanya belum genap berusia satu tahun. Menurut Suseno, kerajinan ini bermula saat ia dan teman-temannya memutuskan tidak lagi merantau ke luar daerah seperti Jakarta, Tangerang dan Subang.

Berbekal pengalaman bekerja di perusahaan yang memproduksi barang anyaman, Suseno bersama temannya yang berjumlah lebih dari 20 orang tersebut mulai berpikir mengembangkan keahlian mereka di desa. 

“Pak Kades Muhtar yang mendorong kami bagaimana caranya bisa dikembangkan kerajinan di desa ini. Setelah beberapa kali berdiskusi, akhirnya dilakukan pelatihan dan langsung praktik membuat tas. Ternyata warga meresponnya sangat antusias,” ujar Suseno, Sabtu (19/9).

Dia menjelaskan, membuat tas anyaman dari tali packing tidaklah terlalu sulit. Hanya dibutuhkan ketelitian dan ketelatenan. Ini terbukti dengan lima hingga enam kali pertemuan latihan, sudah banyak warga yang bisa membuat tas. 

Awalnya, mereka membuat secara berkelompok. Setelah mahir, warga mulai membuat sendiri sambil menngisi waktu luang di rumah. Tas yang berhasil dibuat selanjutnya dikumpulkan di kelompok dan selanjutnya dijual. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :
 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved