Blora on News :
Home » , , » Masyarakat Diminta Ikut Aktif Mengawasi Jalannya Tahapan Pilkada Blora 2015

Masyarakat Diminta Ikut Aktif Mengawasi Jalannya Tahapan Pilkada Blora 2015

infoblora.com on Sep 4, 2015 | 2:00 AM

Sosialisasi pengawasan partisipasi aktif masyarakat terhadap tahapan Pilkada Blora 2015.
BLORA. Sukses tidaknya pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Blora 2015 nantinya bisa dilihat dari banyak atau sedikitnya bentuk pelanggaran yang ada. Untuk menekan jumlah pelanggaran itu harus disertai dengan pengawasan dan pengawalan tahapan Pilkada secara menyeluruh.

Namun diketahui bersama jumlah SDM untuk pengawasan tahapan pilkada yang tergabung dalam Panwaslu sangatlah terbatas. Sementara wilayah kerja yang harus diawasi sangatlah luas dan kompleks. Maka perlu adanya pengawasan partisipatif yang secara sukarela dilakukan oleh masyarakat umum. Hal itu disampaikan Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jateng Abhan Misbah saat mengikuti sosialisasi pengawasan partisipatif dalam Pilkada Blora, belum lama ini.

Dalam acara sosialisasi yang digelar di gedung pertemuan Setda Blora tersebut, Abhan Misbah mengajak masyarakat umum agar berpartisipasi aktif untuk ikut melakukan pengawasan tahapan pemilihan bupati dan wakil bupati hingga 9 Desember mendatang.

“Dalam proses pemilihan umum terdiri dari penyelenggara, peserta dan pengawas. Ketiganya harus saling kontrol dan mengawasi. Penyelenggara terdiri dari KPU beserta jajarannya hingga KPPS di tingkat TPS. Sedangkan peserta hanya terdiri dari beberapa pasangan beserta tim suksesnya. Sementara itu pengawas terdiri dari Panwaslu beserta jajarannya, termasuk masyarakat umum juga harus ikut mengawasi. Jika menjumpai adanya pelanggaran, mereka diminta lapor ke panwas,” tambah Abhan Misbah.

Dia menambahkan, tanpa peran aktif masyarakat dalam proses pengawasan. Panwaslu tidak akan bisa menjalankan tugas pengawasannya secara maksimal. Sehingga pilkada bisa berjalan sukses tanpa adanya kendala.

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut jajaran Panwaslu Kabupaten Blora, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Blora Arifin, serta anggota Bawaslu Jateng. Sedangkan sasaran sosialisasi ditujukan kepada para akademisi, LSM, pelajar, Polres, TNI, instansi pemerintah serta wartawan. Harapannya agar semua peserta yang hadir bisa turut serta mensosialisasikannya di tengah masyarakat. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved