Blora on News :
Home » , » Masyarakat di Kawasan Destinasi Wisata Kabupaten Blora Diberdayakan

Masyarakat di Kawasan Destinasi Wisata Kabupaten Blora Diberdayakan

infoblora.com on Sep 24, 2015 | 7:00 AM

Para pelaku pariwisata diikutkan workshop peningkatan usaha masyarakat penunjang wisata. (am-sm)

BLORA. Sektor wisata di Blora sejak beberapa tahun terakhir mulai menggeliat. Hal itu dibuktikan dengan kunjungan wisatawan di sejumlah obyek wisata di Blora yang menunjukan peningkatan.

Event wisata di Blora juga rutin digelar setiap tahun. Hanya saja perkembangan positif tersebut belum diikuti dengan meningkatkanya kesejahteraan masyarakat di sekitar destinasi wisata. Keterlibatan masyarakat sekitar lokasi wisata tersebut masih perlu ditingkatkan sehingga mereka bisa merasakan manfaat adanya obyek wisata di sekitar tempat tinggalnya.

Nah, untuk mewujudkan hal itu, Kementerian Pariwisata RI bekerjasama dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jateng menggelar workshop di Blora, Rabu (23/9) kemarin. Workshop berkolaborasi dengan Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora.

Workshop bertemakan Pengembangan Sadar Wisata dan Sapta Pesona serta Peningkatan Kapasitas Usaha Masyarakat Destinasi Pariwisata, Kegiatan Peningkatan Tata Kelola Destinasi dan Pemberdayaan Masyarakat Kabupaten Blora.

Kepala DPPKKI Blora Slamet Pamuji berharap melalui workshop bisa diambil manfaat sehingga bisa lebih maksimal dalam pengembangan pariwisata di wilayah setempat.
‘’Sektor pariwisata di Kabupaten Blora tidak mungkin berkembang pesat jika penanganannya hanya dilakukan oleh Bidang Pariwisata saja. Perlu kerjasama lintas sektoral dan peran serta masyarakat agar sektor wisata berkembang lebih pesat lagi,’’ tandasnya.

Peserta workshop diantaranya adalah satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, asosiasi biro wisata serta pelaku dan pengelola pariwisata. Workshop di Hotel Mustika itu dibagi dua kelas.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Tengah Prasetyo Aribowo yang diwakili Supomo menyatakan bahwa pengelolaan pariwisata merupakan salah satu upaya pembangunan nasional dengan pengembangan usaha serta sadar wisata secara lintas sektoral. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved