Blora on News :
Home » , » Kejar Truk Pencuri, Petugas Berhasil Sita 11 Gelondong Kayu Jati Kualitas Ekspor

Kejar Truk Pencuri, Petugas Berhasil Sita 11 Gelondong Kayu Jati Kualitas Ekspor

infoblora.com on Sep 18, 2015 | 3:00 AM

Petugas gabungan Perhutani KPH Cepu dan Polsek Jiken berhasil amankan barang bukti 11 gelondong kayu jati dan truk pencuri yang berhasil kabur. (ud-sm)

BLORA. Kembali aksi pencurian kayu jati terjadi di wilayah Perhutani KPH Cepu yang secara administratif masuk Kecamatan Jiken Kabupaten Blora. Bahkan kali ini yang dicuri gelondongan kayu jati kualitas ekspor. Petugas gabungan dari Perhutani dan Polsek Jiken pun terpaksa kejar-kejaran dengan truk pencuri untuk menangkapnya, (17/9) kemarin.

Berdasarkan keterangan yang berhasil dihimpun dari kepolisian, para pencuri yang berjumlah 11 orang itu menggunakan truk bernopol K-1478-ZB untuk mengangkut 11 gelondong kayu jati yang rata rata bergaris tengah 100 cm lebih.

Kejadian berawal sekitar pukul 03.00 WIB, ketika petuas Perhutani patroli melintas di Dukuh Ngawenan, Desa Sambongrejo , Kecamatan Sambong tepatnya di dekat jembatan Kalimodang, tiba-tiba melihat sebuah truk keluar dari dalam kawasan hutan yang masih masuk wilayah BKPH Pasar Sore.

Curiga dengan truk tersebut, Agus Kusnandar koordinator keamanan KPH Cepu, bersama Pabin dan dua anggota Polhut berbalik arah bermaksud mengejar kendaraan truk tersebut. Hanya saja, ketika mobil patroli berhasil mendekati, truk bukannya berhenti melainkan tancap gas ke arah Kota Blora.

Tidak mau kehilangan jejak, Agus Kusnandar perintahkan Asper Wonogadung, Suparman, untuk datang ke Polsek Jiken, guna minta bantuan aparat ppolsek untuk melakukan penghadangan. Sesampainya di depan Mapolsek Jiken, Kamis pagi kemarin truk berhasil menerobos hadangan petugas, akhirnya petugas gabungan langsung mengejar ke arah Kecamatan Jepon.

Bermaksud mengelabui petugas dan menghindari hadangan petugas Polsek Jepon, truk berbelok ke kanan masuk Desa Tempellemahbang  menuju Desa Ketringan. Bahkan untuk menghadang kejaran polisi, para pencuri itu nekad menjatuhkan segelondong kayu jati ke jalan dari atas truk agar laju kendaraan polisi terganggu kayu. Para pencuri juga melempari petugas yang mengejar dengan bebatuan.

Tanpa pantang menyerah, petugas gabungan terus melakukan pengejaran. Hingga akhirnya sampai di Desa Bangoan, truk terjebak dengan jalan yang menyempit. Sebelum petugas berhasil mendekati, sopir truk bersama 10 orang yang berada di bak belakang langsung berhamburan melarikan diri. Dan hingga saat ini dinyatakan buron.

Sementara itu, truk berikut barang bukti berupa 11 batang kayu jati dengan ukuran lingkar 136 cm panjang 185 cm, diamankan di Mapolsek Jiken, untuk penyelidikan lebih lanjut. Sedangkan para pelaku saat ini masih dalam proses pencarian.

Terpisah Kapolres Blora, AKBP Dwi Indra Maulana membenarkan adanya kejadian itu. Dia menegaskan, untuk mengamankan aset negara jajarannya akan terus mendukung kegiatan operasi semua KPH yang ada di Kabupaten Blora. Dan akan menindak tegas siapapun yang terlibat pencurian kayu. (ud-SMNetwork | tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved