Blora on News :
Home » , , » Jaga Kualitas, Dinas ESDM Blora Peringatkan Kontraktor Penggarap PLTS Nglebak

Jaga Kualitas, Dinas ESDM Blora Peringatkan Kontraktor Penggarap PLTS Nglebak

infoblora.com on Sep 9, 2015 | 12:30 AM

Setyo Edy Kepala Dinas ESDM Blora
BLORA. Lelang proyek Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) komunal tahap II di Desa Nglebak, Kecamatan Kradenan, telah rampung. Tidak lama lagi proyek dengan pagu anggaran mencapai Rp 2 miliar itu akan dikerjakan kontraktor pemenang lelang.

Namun belum lagi proyek dilaksanakan, Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) telah me-warning kontraktor agar mengerjakan proyek sebaik mungkin. “Proyek PLTS tahap I di Desa Nglebak sudah dikerjakan dengan baik beberapa tahun lalu dan masyarakat di desa itu telah menikmati keberadaan PLTS tersebut. PLTS itupun menjadi percontohan nasional. Kami ingin predikat itu dipertahankan di proyek tahap II,” ujar Kepala Dinas ESDM Blora H Setyo Edy, kemarin.

Dia menegaskan, kontraktor harus menggunakan prinsip tepat waktu, tepat sasaran dan tepat fungsi dalam menyelesaikan proyek yang dananya bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Kementerian ESDM tersebut.

Menurut Setyo Edy, percuma saja jika proyek diselesaikan tepat waktu namun di kemudian hari PLTS tahap II tersebut tidak berfungsi. ‘’Kami tidak akan segan untuk tidak membayarkan dana proyek jika kualitas pengerjaan proyek tidak
bagus,’’ tegas Setyo Edy.

Instalasi PLTS komunal di salah satu desa yang berhasil dibangun dengan baik. (ilustrasi)
Proyek PLTS tahap II sejatinya adalah proyek yang dianggarkan di tahun 2014. Ketika itu Blora mendapatkan alokasi anggaran bantuan DAK dari kementerian ESDM yang diperuntukan bagi proyek PLTS tahap II di Desa Nglebak, Kecamatan Kradenan.

Hanya saja karena penetapan APBD 2014 terlambat, yakni ditetapkan pada 12 Juni 2014, proyek itupun tidak jadi dilaksanakan tahun 2014. Namun anggarannya tidak dihapus dalam APBN ataupun dialihkan ke daerah lain. Proyek tersebut dilanjutkan tahun ini. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved