Blora on News :
Home » , , » Indonesia International Work Camp Tertarik Penangkaran Burung Hantu di Blora

Indonesia International Work Camp Tertarik Penangkaran Burung Hantu di Blora

infoblora.com on Sep 17, 2015 | 7:30 AM

Dua peserta didampingi relawan, dan guru SMAN 1 Blora meninjau peternakan burung hantu di Desa Sendangwungu.

BLORA. Penangkaran burung hantu (Tyto Alba) yang dilakukan oleh Suhartono warga Dusun Seren Desa Sendangwunggu Kecamatan Banjarejo Blora menarik perhatian dari dua orang warga negara asing peserta Indonesia International Work Camp (IIWC) saat berada di Blora, selama dua minggu.

Dua orang yang berasal dari Finlandia dan Jepang itu melihat langsung kegiatan penangkaran, bersama relawan, siswa dan guru SMA Negeri 1 Blora. Saat melihat, peserta IIWC asal Filandia merasa heran sebab burung hantu harus ditangkarkan. Sebab di negaranya masyarakat membiarkan burung hantu berkeliaran dengan bebas. Termasuk juga banyak rumah burung hantu yang ada di rumah petani dan ladang.

“Di sana burung hantu mudah ditemukan dan tidak ditangkarkan, karena membantu pertanian di sana,” jelas Luhur salah seorang Petugas Penyuluh Lapangan (PPL) dari Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Blora yang mendampingi peserta IIWC.

Luhur menambahkan bahwa penangkaran burung hantu yang ada saat ini adalah satu-satunya di Blora dan baru dimulai pada awal tahun 2014. Sebab saat itu banyak tikus yang menyerang tanaman padi dan jagung, sehingga di tangkarkan oleh Suhartono pribadi. 

“Saat ini di sekitar lokasi penangkaran sudah banyak dipasang rumah burung hantu,” bebernya.

Awalnya rumah burung hantu (rubuha) hanya dipasang di beberapa lokasi, namun karena sekarang burung hantu yang dilepas cukup banyak sehingga banyak rubuha yang terpasang.

Sementara itu Suhartono merasa senang ada orang dari luar negeri yang mengunjungi tempat penangkarannya. Meski sederhana sejumlah burung hantu yang baru dan peranakan ada dalam kandang besar yang dikeliling kawat tersebut. “Saat ini yang sudah saya lepas ada 18 ekor atau sembilan pasang,” ungkapnya. (Sugie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved