Blora on News :
Home » , » Gerakan Sosial GPS Simpatik Salurkan Air Bersih dan Sembako di Ngampon Jepon

Gerakan Sosial GPS Simpatik Salurkan Air Bersih dan Sembako di Ngampon Jepon

infoblora.com on Sep 30, 2015 | 12:30 AM

Masyarakat Dukuh Jelubang Desa Ngampon Kec.Jepon memadati sekeliling truk tangki air bersih. (edi-gps)
BLORA. Meskipun hujan sudah beberapa kali mengguyur sebagian wilayah Kabupaten Blora, namun hal itu belum berpengaruh besar kepada ketersediaan ar bersih di sumur-sumur warga dan sumber air lainnya. Masyarakat masih banyak yang mengalami kekeringan dan krisis air bersih seperti yang dialami warga Dukuh Jelubang Desa Ngampon Kecamatan Jepon Blora.

Merespon keadaan tersebut, gerakan sosial yang tergabung dalam komunitas GPS Simpatik tergerak hatinya untuk mengadakan bakti sosial di wilayah tersebut. Bantuan yang diberikan utamanya adalah penyaluran air bersih untuk warga yang sedang kesulitan memperoleh air karena sudah 4 bulan lebih mengalami kekeringan.

Edi Kurnianto, ketua Gerakan Peduli Sesama (GPS) Simpatik mengungkapkan bahwa kegiatan bakti sosial ini merupakan agenda rutin komunitasnya sebulan sekali sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat sekitar di Kabupaten Blora yang sedang kesusahan.

“Karena Blora sedang dilanda kekeringan, maka kegiatan bakti sosial yang sudah beberapa kali kita laksanakan ini difokuskan untuk penyaluran air bersih. Disamping itu juga ada penyerahan sembako untuk para duafa dan masyarakat miskin, serta penyerahan bantuan alat-alat sekolah,” jelas Edi Kurnianto, Selasa (29/9) kemarin.

Penyerahan sembako untuk para duafa dan jompo. (edi-gps)
Menurutnya, kekeringan yang melanda beberapa wilayah di Kabupaten Blora, menjadi sebuah keprihatinan bersama.Kami dan teman-teman beranggapan bahwa  air merupakan hal yang pokok untuk kehidupan manusia. Sehingga keberadaannya sangatlah penting, sehingga perlu adanya bantuan ketika ada yang mengalami kekeringan.

Dirinya berharap, dengan adanya bantuan tersebut, dapat meringankan beban masyarakat walaupun tidak signifikan. “Kami menyasar beberapa desa kekeringan yang tidak terjangkau oleh BPBD. Setidaknya kita membantu BPBD untuk menangani kekeringan di Kabupaten Blora, mengingat kemampuan BPBD juga terbatas. Sedangkan masyarakat yang kekeringan perlu bantuan secepatnya,” lanjut Edi Kurnianto.

Adapun dalam kegiatan tersebut, pihak GPS Simpatik menyerahkan 1 truk tangki air bersih, 5 paket sembako untuk para duafa dan jompo, serta 1 paket peralatan sekolah untuk anak yatim. “Kita berkomitmen mengadakan kegiatan ini sebulan sekali, dan untuk September ini kami melakukan survey mendadak karena sudah memasuki minggu terakhir. Semoga bulan depan bisa melakukan kegiatan seperti ini lagi dengan alokasi yang lebih besar,” pungkasnya.

Sementara itu, salah satu warga Dukuh  Jelubang, Desa Ngampon Priyanto mengaku senang atas bantuan-bantuan yang diberikan. Sebab,pihaknya memang membutuhkan bantuan air bersih tersebut. Di wilayahnya, sumur-sumur milik warga banyak yang mengering dan harus mencari air ke wilayah desa sebelah yang jaraknya cukup jauh.

”Senang desa kami bisa dapat bantuan, terlebih bantuan air, sebab di musim kemarau seperti ini, kami sangat membutuhkan air untuk kelangsungan hidup sehari-hari. Semoga kedepan kegiatan positif seperti ini terus bisa dilakukan,” katanya. (tio-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved