Blora on News :
Home » , , » Duh..!! Hingga September Dana Desa di Kabupaten Blora Belum Cair Juga

Duh..!! Hingga September Dana Desa di Kabupaten Blora Belum Cair Juga

infoblora.com on Sep 20, 2015 | 2:00 PM

Hingga bulan September alokasi Dana Desa di Kabupaten Blora tak kunjung cair, hal ini mengundang keprihatinan. (rs-ib)

BLORA. Meski sudah memasuki pertengahan bulan September atau mendekati tri wulan keempat. Ternyata Dana Desa yang mengucur di Kabupaten Blora untuk tahap pertama dan kedua belum cair ke 271 Desa. Sehingga hal itu sangat memprihatinkan. Bahkan Blora menjadi salah satu dari tujuh kabupaten yang belum mencairkan dana desa yang bersumber dari APBN tersebut.

Di Kabupaten Blora alokasi dana desa mencapai Rp 74,81 miliar untuk 271 desa. Berdasarkan data dari Bapermasdes Jateng, Blora bersama, Purworejo, Sukoharjo, Demak, Batang, Pemalang dan Brebes hingga 7 September belum juga dicairkan.

“Melihat hal itu kami sangat prihatin, harusnya Pemkab melalui SKPD terkait bisa bertindak cepat,” ujar Direktur LSM Kopral Yuli Abdul Hakim, Sabtu (19/9).

Menurutnya hal itu harus diselesaikan segera, kalau memang ada kendala khususnya dalam penyusunan APBDes harus difasilitasi segera. Dia melihat di Blora banyak desa yang kesulitan dalam menyusun APBDes hal itu menunjukkan kalau SDM di desa masih minim.

Selain itu SKPD terkait dalam hal ini Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluraga Berencana (BPMPKB) Blora lambat merespon dalam hal ini. “Kami minta agar Pj Bupati bisa menyelesaikan masalah ini dengan segera, agar Dana Desa bisa segera cair,” tegasnya.

Untuk penyaluran dana desa sendiri pada tahap pertama adalah Bulan April, kemudian tahap kedua pada bulan Agustus, sedangkan pada bulan Oktober dijadwalkan merupakan pencairan tahap ketiga. Padahal untuk bisa menerima dana tahap kedua Desa harus menyerahkan LPJ penggunaan dana tahap pertama terlebih dahulu. (Sugie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved