Blora on News :
Home » , » Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Blora 2015 Berkurang 32.102 Orang

Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pilkada Blora 2015 Berkurang 32.102 Orang

infoblora.com on Sep 3, 2015 | 3:30 AM

Rapat pleno terbuka KPU Blora tentang penetapan DPS Pilkada 2015, Rabu (2/9) kemarin.
BLORA. KPU Blora menetapkan daftar pemilih sementara(DPS) Pilkada 2015, Rabu (2/9). Jumlahnya, sebanyak 710.521 orang. Jumlah tersebut berkurang sebanyak 32.102 orang dibanding Daftar Penduduk Pemilih Potensial Pemilihan (DP-4) dan analisis potensi pemilih yang dilakukan KPU pusat sebanyak 742.623 orang (366.258 laki-laki dan 376.365 perempuan).

DP-4 menjadi data awal jumlah pemilih sebelum dilakukannya pencocokan dan penelitian (coklit). Perubahan jumlah pemilih mungkin terjadi setelah dilakukannya coklit oleh Petugas Pemutakhiran Daftar Pemilih (PPDP) di desa dan kelurahan. Hasil coklit dalam pemutakhiran data pemilih itu kemudian dikirim ke Sistem Informasi Data Pemilih (Sidalih) KPU pusat. 

“Di Sidalih itu tersaring data pemilih. Jika ada pemilih ganda dengan nama dan nomor induk kependudukan (NIK) sama. Maka yang terbaca hanya satu orang. Oleh karena itulah dimungkinkan adanya perubahan jumlah pemilih,” ujar Komisioner Divisi Pemutakhiran Data Pemilih KPU Blora Achmad Husain saat repat pleno terbuka rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran dan penetapan DPS di Kantor KPU Blora, Rabu (2/9) kemarin.

Rapat pleno di tingkat kabupaten tersebut digelar setelah beberapa hari sebelumnya dilakukan rekapitulasi daftar pemilih hasil pemutakhiran secara berjenjang mulai dari tingkat desa dan kelurahan hingga tingkat kecamatan. 

Lantaran pelaksanaan kerja coklit oleh PPDP di desa telah mendapatkan pengawasan langsung dari Panwas Pilkada. Angka jumlah pemilih yang muncul dalam rekapitulasi di tingkat kabupaten di rapat pleno kabupaten tidak dipersoalkan Panwas. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved