Blora on News :
Home » , » Banyak Alat Peraga Kampanye Rusak, KPU Blora Segera Membenahi

Banyak Alat Peraga Kampanye Rusak, KPU Blora Segera Membenahi

infoblora.com on Sep 19, 2015 | 8:04 PM

Salah satu APK yang rusak di Kec.Randublatung. (ar)

BLORA. KPU Blora akan segera membenahi pemasangan alat peraga kampanye (APK) di sejumlah tempat. Pembenahan dilakukan lantaran adanya kerusakan bambu penyangga APK, pemasangan miring ataupun salah posisi pemasangan.

‘’Yang rusak-rusak seperti itu tentu akan segera kami benahi,’’ ujar Ketua KPU Blora Arifin, Sabtu (19/9).

Arifin mengklaim, fasilitasi pencetakan dan pemasangan APK oleh KPU Blora adalah tercepat dibanding KPU lainnya di Jateng. ‘’Daerah lain baru mencetaknya, kami sudah memasang APK meski belum semuanya,’’ tandasnya.

Sesuai ketentuan yang berlaku, KPU sepenuhnya menanggung pencetakan dan pemasangan APK. Anggarannya bersumber dari APBD. Pasangan calon bupati dan wakil bupati serta tim suksesnya tidak diperkenankan mencetak sendiri APK tersebut.

Bahkan tim sukses tidak boleh mengganti APK yang rusak atau hilang yang sebelumnya dipasang KPU. Oleh karena itu, KPU akan menggandeng pihak kepolisian dan meminta tim sukses serta warga turut menjaga APK tersebut.

Berdasarkan PKPU nomor 2 tahun 2015, masa kampanye Pilkada  dimulai 27 Agustus dan berakhir 5 Desember. APK yang dicetak dan dipasang yang menjadi tanggungjawab KPU Blora berupa baliho, spanduk, umbul-umbul. Selain tiga jenis APK itu, KPU juga memfasilitasi pencetakan leaflet, pamflet dan flyer.

Arifin menegaskan, setiap pasangan calon dan atau tim kampanye hanya diperbolehkan membuat bahan kampanye selain yang dicetak KPU kabupaten.

Bahan kampanye itu berupa kaos, topi, mug, kalander, kartu nama, pin, ballpoint, payung dan atau stiker maksimal berukuran 10 kali 5 cm. ‘’Batas maksimal nominal pencetakan satu item bahan kampanye adalah Rp 25.000,’’ kata Arifin. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved