Blora on News :
Home » , » Asyiknya Berburu Foto dan Turun Tebing di Goa Terawang Todanan

Asyiknya Berburu Foto dan Turun Tebing di Goa Terawang Todanan

infoblora.com on Sep 7, 2015 | 2:30 AM

Para pegiat fotografi berburu foto dengan keindahan siluet cahaya matahari di dalam Goa Terawang.
BLORA. Keunikan dan keindahan wana wisata Goa Terawang memang sangat menggoda. Banyak sekali wisatawan baik lokal maupun manca yang datang untuk melihatnya. Wana wisata Goa Terawang terletak di Desa Kedungwung, Kecamatan Todanan, Kabupaten Blora, berada pada km 35 sebelah Barat Kota Blora atau 107 km dari Kota Semarang.

Goa yang menjadi obyek wisata alam itu terbentuk dari batu gamping pegunungan kapur dan berusia sekitar 10 juta tahun yang lalu dengan luas sekitar 13 ha. Goa tersebut berada di dalam kawasan hutan RPH Kedungwungu, BKPH Kalonan, KPH Blora.

Kemarin, puluhan dokter dari Bandung yang tergabung dalam komunitas Group Fotografi Indonesia datang untuk membuktikan keelokan panorama goa tersebut. Dengan di pandu Misbachul Munir salah seorang fotografer professional dari Yogyakarta, para dokter yang biasanya berkutat dengan pasien dan obat itu nampak asyik mengabadikan momen special dari setiap sudut goa.

Disamping mengambil foto, mereka juga di kenalkan sebuah wahana baru mountaineering yaitu masuk goa menggunakan tali untuk kemudian turun dari lobang goa. Cara ini baru pertama kali dikenalkan. Tak heran para dokter ini sangat antusias sekali untuk mencobanya.

Selain berburu foto, mereka juga mencoba turun tebing di
dalam Goa Terawang.
“Kelebihan Goa terawang di banding goa lain yang pernah saya kunjungi adalah, goa ini sangat unik. Selain memiliki dasar yang luas yang bisa di gunakan untuk mengambil foto dari berbagai angle, juga memiliki lobang yang lebar sehingga memungkinkan kita untuk turun kebawah melalui lobang yang ada ,”ucap Munir panggilan akrabnya.

Tujuan utama diajaknya para dokter dari Bandung ke Blora adalah selain menyalurkan hobi fotografi, juga bermaksud untuk mengenalkan potensi wisata yang belum tergarap secara maksimal. Khususnya di Kabupaten Blora.

“Apabila dikelola dengan baik, tentu ini akan menjadi sebuah wahana baru yang tentunya akan semakin menarik minat wisatawan untuk mencobanya,” tambahnya.

Dokter Andre salah seorang peserta mengaku sangat excited dengan keindahan Goa Terawang dan berharap suatu saat akan kembali lagi dengan mengajak rombongan dari Bandung. Sangat puas, karena ini adalah pengalaman baru buat kami. Sehingga kami sangat terhibur di tengah rutinitas yang padat. Cuma sayangnya tempatnya belum tertata dengan rapi,“ ucapnya.

Sementara itu David Pradana salah seorang wisatawan lokal yang kebetulan datang juga mengaku kagum dengan adanya wahana yang terbilang menantang. Luar biasa mas, ternyata goa ini menyimpan potensi yang besar. Selain untuk motret juga bisa untuk turun tebing, seru!,” ucapnya.

Seperti diketahui sebelumnya KPH Blora membuka peluang, jika ada investor yang ingin mengelola Goa Terawang tersebut.  ”Jika ada investor yang ingin mengembangkan silahkan. Asal jangan merusak keaslian wisata alam itu,” jelas adminstratur KPH Blora Joko Sunarto.

Sebelumnya pengelolaan wisata Goa Terawang berada di bawah Perhutani Jawa Tengah. Namun,kini Perhutani Jateng menyerahkan pengelolaan pada KPH Blora. Dengan adanya pengembalian tersebut, pihak KPH Blora terbuka bila ada investor yang akan mengelola tempat wisata tersebut. (Alf-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved