Blora on News :
Home » , » Akan Dihadiri Pj.Bupati, Wayang Malam Jumat Pon di Pendopo Kabupaten Berlanjut

Akan Dihadiri Pj.Bupati, Wayang Malam Jumat Pon di Pendopo Kabupaten Berlanjut

infoblora.com on Sep 10, 2015 | 10:00 AM

Tradisi wayangan malam Jumat Pon di Pendopo Kabupaten Blora, bulan lalu. Acara ini terus dilanjutkan
rutin sebulan sekali meski bupati telah berganti. 
BLORA. Tradisi pagelaran wayang kulit atau ringgit purwo setiap malam Jumat Pon yang dihelat Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora bekerjasama dengan Persatuan Pedalangan Indonesia (PEPADI) di Pendopo Kabupaten tetap berlanjut meski bupati telah berganti.

Bahkan dalam gelaran pentas wayang kulit malam Jumat Pon nanti malam, Kamis (10/9) akan dihadiri langsung oleh Penjabat (Pj) Bupati Blora, Ihwan Sudrajat. Pj.Bupati yang dilantik Gubernur Ganjar Pranowo 1 September lalu ini untuk pertama kali akan menyapa seniman dan pandemen kesenian wayang di Kabupaten Blora.

“Dijadwalkan Pj.Bupati Ihwan Sudrajat akan hadir di tengah-tengah warga masyarakat yang menyaksikan pagelaran wayang kulit malam Jumat Pon, nanti malam di Pendopo Kabupaten. Pak Ihwan rencananya akan didampingi Pak Plt Sekda Sutikno Slamet dan jajaran forkopimda telah diberi undangan,” jelas Slamet Pamudji, Kepala DPPKKI Blora, Kamis (10/9).

Sementara itu, ketua PEPADI Kabupaten Blora H.Sukarno menyambut baik upaya pelestarian seni budaya wayang kulit yang tetap diteruskan setiap malam Jumat Pon. Para seniman mulai dalang, pengrawit  dan sinden lokal Blora tetap diberi tempat untuk tampil rutin sebulan sekali.

“Sempat ada kekhawatiran setelah bergantinya bupati, maka tradisi wayangan malam Jumat Pon tidak diizinkan lagi digelar di pendopo. Namun kenyataannya Pj.Bupati Ihwan Sudrajat tetap mandukung kegiatan ini untuk diteruskan. Alhamdulillah,” kata H.Sukarno.

Berdasarkan keterangan yang dihimpun dari DPPKKI Blora, pagelaran wayang kulit malam Jumat Pon, Kamis malam (10/9) akan menampilkan 2 dalang sekaligus dengan lakon “Sena Labuh”. Yakni Ki Dalang Sutarno Muda Carita, SPd dari Kecamatan Kradenan serta Ki Dalang Suwoto Darsono dari Kecamatan Kunduran.

Pentas wayang kulit akan dimulai pukul 20.00 WIB. Masyarakat umum dipersilahkan menyaksikan secara gratis di Pendopo Kabupaten. Acara ini juga akan disiarkan secara langsung di Radio LPPL Gagak Rimang Blora 105'9 FM, bisa diakses streaming di www.blorakab.go.id serta www.infoblora.com. “Silahkan mengajak teman, saudara datau keluarga beramai-ramai ke Pendopo Kabupaten. Semua camat se Kabupaten Blora juga diundang dan diprediksi nanti malam akan lebih semarak,” pungkas Slamet Pamudji. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved