Blora on News :
Home » , » Upacara HUT RI 70 di Blora Akan Diawali Drama Kolosal Palagan Ambarawa

Upacara HUT RI 70 di Blora Akan Diawali Drama Kolosal Palagan Ambarawa

infoblora.com on Aug 16, 2015 | 11:00 AM

Para pemain drama kolosal saat melakukan gladi resik di Alun-alun Blora, Minggu (16/8) pagi.
BLORA. Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke 70 tahun 2015 di Kabupaten Blora akan sedikit berbeda. Tahun ini sebelum upacara peringatan detik-detik proklamasi akan disuguhkan atraksi drama kolosal perjuangan Panglima Besar Jendral Sudirman dalam peristiwa Palagan Ambarawa yang berjuang mengusir tentara Belanda.

Minggu pagi (16/8) pukul 09.00 WIB telah dilakukan gladi resik latihan drama kolosal di Alun-alun Blora yang melibatkan 150 personil. Unsur TNI Kodim 0721 Blora melibatkan 40 anggotanya, Yonif 410 Alugoro melibatkan 20 personil. Kemudian 80 personil dari pelajar dan mahasiswa serta 10 pelatih dan koordinator lapangan.

Berdasarkan pengamatan di lapangan, semua personil yang terlibat dalam drama kolosal tampak penuh semangat memainkan peran masing-masing. Dibawah arahan sang sutradara Setyo Pujiono dan koordinator lapangan Kapten Inf Supartono, semuanya berusaha tampil kompak lengkap dengan kostum yang telah ditentukan.

Sementara itu, Mayor Kav Burhanuddin sang pencetus ide atau kreator cerita menjelaskan bahwa tujuan pembuatan drama kolosal dengan mengambil sosok Jendral Sudirman merupakan pemunculan contoh sosok pejuang yang tanpa pamrih mempertahankan kemerdekaan RI.

“Ini sebagai pengingat kita para generasi muda, bahwa para pejuang telah mati-matian mewujudkan dan mempertahankan kemerdekaan RI. Sebagai contoh Jendral Sudirman, walaupun sakit ia tetap terus memimpin pasukan untuk mengusir tentara Belanda. Dengan moment HUT RI ke 70 kita berusaha kembali mengingatkan betapa pentingnya perjuangan dan rasa cinta tanah air dalam mengisi kemerdekaan,” jelas Burhanuddin, yang juga menjabat sebagai Kasdim Kodim 0721 Blora ini.

“saya harap dengan penampilan pertunjukan yang mencerminkan perjuangan dalam mempertahankan kemerdekaan seperti ini bisa lebih menumbuhkan semangat persatuan dan rasa cinta tanah air di dalam benak para generasi muda. Saya berharap pertunjukan seperti ini bisa menjadi agenda tahunan setiap memperingati HUT RI,” lanjut Burhanuddin.

Informasi dari koordinator lapangan Kapten Inf Supartono, bahwa pementasan drama kolosal Palagan Ambarawa ini akan dimainkan sebelum digelarnya Upacara Peringatan HUT RI ke 70. Sebelum upacara dimulai, diupayakan pementasan drama kolosal sudah selesai.

“Besok para pemain drama akan kami kumpulkan pukul 07.00 WIB di Gedung Sasana Bhakti Blora untuk persiapan dan koordinasi. Karena peserta upacara akan memasuki lapangan sekitar pukul 09.00 WIB, maka pementasan drama ini kami usahakan pukul 09.00 WIB sudah selesai,” beber Kapten Inf Supartono. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved