Blora on News :
Home » , » SMAN 6 Denpasar dan SMAN 1 Blora Juara Toyota Eco Youth 2015 Bidang Sains

SMAN 6 Denpasar dan SMAN 1 Blora Juara Toyota Eco Youth 2015 Bidang Sains

infoblora.com on Aug 3, 2015 | 1:00 AM

Tim SMAN 1 Blora berhasil meraih juara II kategori sains dalam program Toyota Eco Youth 2015 di Mal Gandaria
City Jakarta, Sabtu (1/8) kemarin.
JAKARTA. Sebanyak 20 finalis dengan 12 proyek sains dan delapan proyek sosial berkompetisi dalam Toyota Eco Youth (TEY). TEY merupakan salah satu program corporate social responsibility (CSR) yang digelar PT Toyota Astra Motor (TAM).

"Harapan kami, program Toyota Eco Youth ini juga dapat mendukung pendidikan Indonesia, khususnya budaya riset yang inovatif dan pendidikan dengan wawasan terhadap ligkungan untuk tercapainya Indonesia yang lebih baik di masa depan," ujar Presdir TMMIN Masahiro Nonami di Mal Gandaria City, Jakarta, Sabtu (1/8).

Program tersebut khusus ditujukan bagi para siswa-siswi setingkat sekolah menengah umum (SMU) ataupun kejuruan untuk memacu kreativitas mereka yang terkait dengan kepedulian terhadap lingkungan.

Ia menjelaskan dalam ajang adu kreatif tahun ini, selain melombakan proyek lingkungan, ada tambahan enam kategori aktivitas yang dinamakan My Eco Competition, yaitu My Eco Shirt, My Eco Doodle, My Eco Anthem, My Eco Meter, dan My Eco Pic, yang bertujuan agar dapat memperluas keterlibatan elemen sekolah dalam program TEY ke-9.

Dari 1.709 proposal yang berasal dari 317 sekolah, dewan juri menyeleksi hingga tersisa 20 finalis. Para peserta lomba akan mengikuti workshop untuk mewujudkan proposal proyek mereka dan mendapat bimbingan dan bantuan dana dari Toyota Indonesia.

Di kategori sains, SMAN 6 Denpasar keluar sebagai juara I dengan proyek berjudul Limbah Upacara Yadnya, yang mengubah sampah limbah daun kelapa, daun enau, daun pandan, daun pisang, dan bunga-bungaan sisa sesajen menjadi genteng untuk atap rumah.

Juara II ditempati SMAN 1 Blora dengan proyek berjudul Kincir Angin Sumbu Vertikal dan Solar Cell sebagai Pembangkit Listrik pada Perangkap Serangga. Adapun SMAN 6 Banjarmasin berhasil menjadi juara III melalui proyekPembuatan Alat Sederhana Penetralisir Asam Rawa Gambut Menjadi Air Layak Konsumsi.

Di kategori sosial, SMAN 19 Bandung berhasil menjadi juara I dengan proyek Babarengan, Mengurangi Polusi dengan Berinteraksi. Juara II ditempati SMAN 5 Surabaya melalui proyek Cyber Nature dan juara III direbut oleh SMAN 1 Ubud dengan proyek Bike & Walk, Solusi Pencegahan Alih Fungsi.

Juara I mendapatkan hadiah senilai Rp70 juta, juara II Rp50 juta, dan juara III Rp30 juta. Selain uang tunai, pemenang terbaik dari lomba tersebut, SMAN 19 Bandung, juga mendapat kesempatan melakukan perjalanan ke Jepang untuk mengikuti pelatihan singkat seputar lingkungan. (Nurtjah-MI | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved