Blora on News :
Home » , » Populasi Sapi Tinggi, Blora Butuh Rumah Potong Hewan Modern

Populasi Sapi Tinggi, Blora Butuh Rumah Potong Hewan Modern

infoblora.com on Aug 10, 2015 | 3:30 AM

Bupati Blora saat meninjau lomba sapi potong peranakan ongole di Desa Tempellemahbang Jepon belum lama ini.
BLORA. Kabupaten Blora selama ini dikenal sebagai daerah penghasil sapi terbanyak di Jawa Tengah. Kondisi demikian akan semakin menguntungkan peternak sapi jika di Blora dibangun Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dengan fasilitas lengkap.

’’Populasi sapi melimpah, bagaimana kalau Blora mempunyai RPH modern, tentu peternak sapi akan semangat,’’ ujar Bupati Djoko Nugroho saat memberikan sambutan pada lomba sapi potong peranakan ongole di Desa Tempelemahbang, Kecamatan Jepon.

Selama ini, sapi dari Blora dijual ke luar daerah. Jika RPH ada di Blora, peternak tidak perlu repot menjual sapi ke luar daerah. Menurut dia, keberadaan RPH akan menguntungkan peternak sapi karena bisa menekan ongkos angkut.

Karena keuntungan yang diperoleh besar maka secara otomatis akan semakin memotivasi peternak sapi di Blora. Maka dia meminta Pemprov Jateng membangun RPH Blora. ’’Populasi sapi kurang lebih 200 ribu ekor sudah saatnya Blora memiliki RPH modern,’’katanya.

Kepala Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan, Reni Miharti mengatakan, Kecamatan Jepon sebagai pusat pembibitan sapi peranakan ongole (PO) khususnya Desa Palon, Kawengan dan Blungun telah memiliki sertifikasi bibit sapi peranakan ongole yang telah memenuhi standar.

Dia mengungkapkan, Gerakan Penyerentakan (Gertak) Birahi untuk Inseminasi Buatan di Blora ditarget 2.000 ekor sapi betina dan penanggulangan gangguan reproduksi (ganrep) sebanyak 7.200 ekor sapi betina. ’’Kami juga terus melakukan pembinaan agar petani peternak tidak melakukan pemotongan sapi betina produktif,’’ katanya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved