Blora on News :
Home » , » PMI Blora Panen Siswa Pingsan di Alun-alun Saat Serenade & Penurunan Bendera

PMI Blora Panen Siswa Pingsan di Alun-alun Saat Serenade & Penurunan Bendera

infoblora.com on Aug 17, 2015 | 6:30 PM

Silih berganti posko kesehatan PMI Blora di Alun-alun digunakan para siswa istirahat karena kelelahan
dan bahkan ada yang pingsan.
BLORA. Pelaksanaan Serenade yakni acara menyanyikan lagu-lagu wajib dalam rangka HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke 70 hingga upacara penurunan bendera di Alun-alun Blora diwarnai aksi pingsan puluhan siswa yang kelelahan. Para petugas PMI Blora dan teman-teman KSR Poltekkes Kemenkes Kampus Blora silih berganti menolong para siswa yang pingsan.

Banyaknya siswa yang pingsan diperkirakan karena kelelahan, dimana sejak pukul 14.00 WIB mereka sudah mulai berkumpul di Alun-alun untuk persiapan serenade. Padahal saat itu cuaca masih cukup panas. Mereka cukup lama menunggu untuk mengikuti acara serenade yang pada akhirnya baru dimulai pukul 15.30 WIB.

Diketahui, acara serenade pesertanya adalah para pelajar SMP dan SMA se Kecamatan Kota Blora. Keadaan fisik yang kurang siap dimungkinkan menjadi salah satu faktor kelelahan dan akhirnya pingsan saat acara masih berlangsung. Guru-guru pendamping pun berkoordinasi dengan PMI dan KSR untuk menangani siswa yang kelelahan.

“Kebanyakan mereka mengeluh pusing, sesak nafas, mata berkunang-kunang dan tiba-tiba pandangan gelap lalu pingsan karena terlalu lama berdiri dengan cuaca terik. Ada juga yang mengaku belum makan siang dan kurang minum. Semua kami tampung di posko PMI untuk mendapatkan pertolongan pertama,” kata Herry, salah satu petugas PMI Blora.

Sementara itu, Liyana petugas PMI Blora menyatakan setidaknya ada 25 siswa yang kelelahan dan mendapatkan perawatan di posko PMI. “Ada sekitar 25 siswa yang mengaku pusing, beberapa diantaranya pingsan dan sesak nafas sehingga kami bantu pernafasannya dengan oksigen. Ada 3 siswa perempuan yang kami berikan bantuan pernafasan dengan oksigen,” jelas Liyana.

Menjelang sore hari saat upacara penurunan bendera, intensitas siswa yang kelelahan mulai berkurang karena cuaca sudah tidak begitu panas. Hanya ada satu siswi dari SMAN 2 Blora yang jatuh kelelahan dan harus mendapatkan bantuan pernafasan dari oksigen PMI Blora. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved