Blora on News :
Home » , » Pertahankan Produktifitas Padi di Musim Kemarau, Blora Intensifkan Standing Crops

Pertahankan Produktifitas Padi di Musim Kemarau, Blora Intensifkan Standing Crops

infoblora.com on Aug 28, 2015 | 2:30 AM

Intensifkan standing crops, Dintanbunakikan Blora berupaya pertahankan produktifitas padi di musim kemarau.
BLORA. Datangnya musim kemarau diupayakan tidak berdampak signifikan bagi hasil panen tanaman padi petani di Blora. Sejumlah program pun dilaksanakan Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunnakikan) Blora untuk bisa mempertahankan produktivitas padi.

Salah satunya dengan melakukan pengawalan dan pengamanan (standing crops) tanaman padi. Pengawalan terutama ditujukan pada lahan-lahan persawahan yang hingga saat ini masih bisa memperoleh air irigasi pertanian. Diantaranya di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Bengawan Solo yang membentang mulai dari Kecamatan Kradenan, Kedungtuban hingga Kecamatan Cepu.

Plt Bupati didampingi Kepala Dintanbunakkikan meninjau alat penyedot air
di tepi Bengawan Solo yang digunakan untuk irigasi sawah.
‘’Kami ingin tanaman padi yang sudah ada nantinya bisa menghasilkan panen yang bagus. Oleh karena itu kami lakukan pengawalan dan pengamanan,’’ ujar Kepala Dintanbunnakikan Reni Miharti, kemarin.

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Blora Ihwan Sudrajat turun langsung dalam pelaksanaan program pengawalan dan pengamanan tanaman padi tersebut. Didampingi kepala Dintanbunnakikan dan sejumlah stafnya, Ihwan Sudrajat yang juga staf ahli gubernur Jateng bidang pemerintahan itu mendatangi tiga lokasi sentra tanaman padi di tiga kecamatan, Rabu (26/8).

Yakni di Desa Medalem Kecamatan Kradenan, Desa Klagen Kecamatan Kedungtuban dan Desa Jipang serta Desa Gadon Kecamatan Cepu. Dalam kegiatan itu, Plt bupati berdialog dengan para petani usai menyaksikan pengendalian organisme pengganggu tanaman (OPT) di lapangan. 

‘’Di kawasan Blora selatan, para petani bisa bercocok tanam padi dengan mendapatkan air irigasi dari Bengawan Solo meski musim kemarau. Tanaman padi itu perlu dirawat dengan baik. Sehingga hasil panennya kelak juga bagus,’’ tandas Reni Miharti (Abdul/Gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved