Blora on News :
Home » , , » Masuk Pelosok Desa, Ganjar Serahkan Bantuan Air Bersih di Karangrejo Jati Blora

Masuk Pelosok Desa, Ganjar Serahkan Bantuan Air Bersih di Karangrejo Jati Blora

infoblora.com on Aug 12, 2015 | 3:00 PM

Gubernur Ganjar Pranowo memegang selang air bersih dalam acara penyerahan bantuan air di Dukuh Karangrejo
Desa Jati, Kecamatan Jati, Blora.
BLORA. Kekeringan akibat musim kemarau panjang yang sudah beberapa bulan melanda wilayah Kabupaten Blora ternyata juga menyita perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah untuk ikut turun tangan membantu mengatasinya.

Rabu (12/8), Gubernur Ganjar Pranowo datang secara langsung bersama sejumlah pejabat terkait untuk meninjau langsung keadaan kekeringan di wilayah Kecamatan Jati yang selama ini memiliki predikat wilayah paling kering di Kabupaten Blora saat musim kemarau.

Dengan disambut Plt Bupati Blora Ihwan Sudrajat bersama beberapa SKPD terkait, Ganjar tiba pukul 12.30 WIB di lingkungan RT 02 RW 05 Dukuh Karangrejo Desa Jati Kecamatan Jati. Di wilayah desa yang berbatasan dengan hutan jati yang telah mengering atau meranggas ini, Ganjar begitu turun mobil langsung menyapa warga dengan pertanyaan, “Angel banyu mboten ing mriki?” kata Ganjar.

Seketika puluhan warga desa yang telah beberapa jam menunggu kedatangannya itu menjawab iya. “Angel Pak, sumure sampun sat (mengering) dan harus cari air si belik sungai antri setiap habis subuh,” kata Dariyem, slah satu warga.

Ganjar langsung mendekati truk tangki air yang sudah didatangkan di lokasi dan mulai menyalurkan air bersih ke beberapa tampungan air dan puluhan jerigen yang telah diantrikan warga sejak pagi. Warga pun langsung riuh mengambil air untuk dimasukkan ke jerigen masing-masing. "Airnya dihemat nggih, kemarau masih panjang jadi jangan boros air," kata Ganjar.

Saat ditanya wartawan, Ganjar menjelaskan saat ini ada bantuan 70 tangki truk air bersih untuk Kecamatan Jati dan sekitarnya. “Kali ini saya dan Kagama (Keluarga Besar Alumni Universitas Gajah Mada) menyalurkan bantuan 70 truk tangki air bersih. Simbolisnya saya serahkan di Dukuh Karangrejo ini, sisanya nanti diatur oleh Bakorwil 1 dibantu dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Blora. Dan semoga ini bisa sedikit membantu mengatasi kekeringan di Blora,” jelas Ganjar.

Sementara itu Kepala BPBD Blora, Sri Rahayu menyatakan bahwa pihaknya berterimakasih atas bantuan air bersih di Kecamatan Jati. “Alhamdulillah warga Kecamatan Jati dapat tambahan air bersih dari Gubernur. Di kecamatan ini ada 12 desa, dan semuanya mengalami kekeringan sehingga para kadesnya mengajukan bantuan air bersih. Semoga dengan adanya bantuan ini bisa sedikit meringankan,” kata Sri Rahayu.

“Dari sejumlah 70 tuk tangki air bersih tersebut, akan kita salurkan selama dua hari. Hari ini (Rabu) kami salurkan 37 truk tangki air, sedangkan sisanya akan kami salurkan bersama Bakorwil I besok hari Kamis,” lanjut Sri Rahayu. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved