Blora on News :
Home » , » Karnaval HUT RI ke 70 dan Festival Barong, Hari ini Blora Banjir Barongan

Karnaval HUT RI ke 70 dan Festival Barong, Hari ini Blora Banjir Barongan

infoblora.com on Aug 19, 2015 | 7:30 AM

Properti festival barongan dari salah satu peserta yang akan memeriahkan Karnaval HUT RI 70 sudah
parkir di Alun-alun Blora, Rabu pagi.
BLORA. Pusat Kota Blora hari ini Rabu (19/8) dipastikan akan macet dan dipadati ribuan penonton yang ingin menyaksikan Karnaval Pawai Pembangunan HUT RI ke 70 sekaligus Festival Barongan. “Blora Banjir Barongan” menjadi tema gelaran Karnaval Pawai Pembangunan yang dirangkaikan dengan Festival Barongan tahun ini.

Sejak malam hingga Rabu pagi tampak beberapa sekolah dan tim sanggar barongan sibuk menyiapkan kendaraan hias dan peralatan musik yang akan digunakan perform di sepanjang rute karnaval. Adapun rute yang akan dilalui adalah Alun-alun Blora sebagai start sekaligus panggung kehormatan. Paserta dari Alun-alun akan menyusuri Jl.Pemuda sampai Tugu Pancasila belok kiri masuk ke Jl.Ahmad Yani sampai finish di GOR Mustika. Panjang rute sekitar 2 km.

Kendaraan hias kKarnaval HUT RI 70 sekaligus Festival Barong dari SMAN 1 Jepon terparkir di Jl.Alun-alun Barat.
Sementara itu berdasarkan pengamatan tim Info Blora di lapangan, sejak pagi buta beberapa kendaraan hias dari sekolah-sekolah dan grup umum sudah berjajar rapi di kawasan Alun-alun, Jl.RA Kartini, Jl.Abu Umar, hingga Jl.KHA Dahlan.

Tampak tim SMP Negeri 5 Blora akan menampilkan Seni Barongan dengan tema Barong Thir Thur (Laskar Sogok Thungteng). SMK Muhammadiyah Blora akan menampilkan Barong Junjung. SMP Negeri 1 Blora dengan Seni Barong Gendrong, serta masih banyak lagi antrian peserta karnaval yang pada umumnya mengangkat kesenian khas Blora, yakni barongan.

Suntoyo, Kabid Kebudayaan Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) menjelaskan bahwa tahun ini sengaja pawai pembangunan digabung dengan festival barongan agar lebih semarak. 

“Kali ini karnaval digabung dengan festival barongan, sudah ada 40 lebih tim yang mendaftar dan kebanyakan akan menampilkan tarian barong kolosal. Akan ada ratusan barongan hari ini. Kami sediakan 10 juri dari berbagai profesi seniman yang akan disebar di sejumlah titik,” jelas Suntoyo.

Masyarakat dipersilahkan menonton di sepanjang rute yang sudah ditentukan. “Silahkan menonton dengan tertib, jangan terlalu maju sehingga mengurangi lebar jalan yang digunakan peserta untuk tampil. Semoga acara hari ini berjalan lancar,” pungkasnya. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved