Blora on News :
Home » , » Ini Daftar Pemenang Karnaval HUT RI 70 dan Festival Blora Banjir Barongan

Ini Daftar Pemenang Karnaval HUT RI 70 dan Festival Blora Banjir Barongan

infoblora.com on Aug 20, 2015 | 5:00 AM

Pembarong beraksi dalam Festival Blora Banjir Barongan kemarin.
BLORA. Suksesnya gelaran Festival Barong Nusantara II yang bertemakan “Blora Banjir Barongan” sekaligus karnaval atau pawai pembangunan HUT RI ke 70 di Kota Blora, Rabu (19/8) kemarin membuat sejumlah pihak menaruh harapan besar pada kesenian Barongan Blora yang kini mulai dikenal masyarakat luas.

Catoer Oke Abriyanto, Ketua Komunitas Seni Budaya (KSB) Blora berharap dengan kesuksesan festival “Blora Banjir Barongan” ini bisa menjadi tolak ukur penyelenggaraan festival pada tahun-tahun berikutnya. “Selamat atas suksesnya Blora Banjir Barongan, seharian kemarin Blora benar-benar jadi Kota Barongan. Semoga kedepan ini terus dilestarikan dan menjadi agenda tahunan sebagai ajang promosi kebudayaan Kabupaten Blora,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora, Slamet Pamudji mengungkapkan bahwa dengan besarnya antusias masyarakat dalam melestarikan Barongan Blora dan tingginya apresiasi terhadap salah satu kesenian khas kabupaten ujung timur Jateng ini, dia berusaha akan menjadikan festival ini sebagai event tahunan.

SMKN 1 Blora berhasil menjadi juara pertama tingkat SMA-SMK dalam Festival Blora Banjir Barongan.
“Insya Allah tahun depan kita usahakan untuk diselenggarakan lagi sebagai event tahunan. Tentu saja akan disiapkan dengan konsep yang berbeda di setiap gelaranagar lebih menarik dan spektakuler,” jelas Slamet Pamudji saat dihubungi setelah festival berlangsung kemarin.

Ia juga mengungkapkan bahwa saat ini Pemerintah Kabupaten Blora sedang berusaha untuk mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat tentang Barongan Blora sebagai warisan budaya non benda. “Saat ini kami sedang berusaha agar kesenian Barongan Blora mendapatkan pengakuan dari pemerintah pusat sebagai warisan budaya non benda. Pemerintah pun sedang melakukan pengkajian tentang kesenian kebanggaan warga Blora ini,” beber Slamet Pamudji.

Sedangkan hasil Festival “Blora Banjir Barongan” kemarin berdasarkan penilaian dewan juri dari para seniman profesional Blora, ISI Surakarta, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jateng yang diketuai Dr. Slamet MD, M.Hum memutuskan pemenangnya sebagai berikut.

Tim Barongan SMPN 1 Blora menjadi juara pertama tingkat SMP.
Kategori tingkat SMP untuk Juara I diraih oleh SMPN 1 Blora dengan total nilai 1.782. Juara II diraih oleh SMPN 3 Blora dengan total nilai 1.760. Sedangkan Juara III diraih SMPN 4 Blora dengan nilai total 1.745.

Kategori tingkat SMA-SMK untuk Juara I diraih SMKN 1 Blora dengan total nilai 1.650. Juara II diraih SMAN 1 Blora dengan total nilai 1.556. Juara III diraih SMAN 1 Jepon dengan total nilai 1.548.

Kategori tingkat Dinas dan SKPD untuk Juara I diraih Dinas Pertanian Perkebunan Peternakan dan Perikanan (Dintanbunakikan) Blora dengan totoal nilai 1.475. Juara II diraih kontingen Kecamatan Blora yakni Singo Mataram Joyo dengan total nilai 1.425, dan Juara III diraih oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Blora dengan total nilai 1.335.

Terakhir kategori umum, untuk Juara I diraih tim Seni Barongan Lang Lang Bawono dari Kecamatan Banjarejo dengan totoal nilai 1.775. Juara II diraih tim Seni Barongan Sekar Mukti Budoyo dari Desa Adirejo Kecamatan Tunjungan dengan total nilai 1.760. Juara III diraih tim Seni Barongan Saminista dengan total nilai 1.745.

Semua pemenang mendapatkan piagam, piala serta sejumlah uang pembinaan dari panitia. Diharapkan kedepan kesenian Barongan Blora semakin dikenal luas masyarakat baik di tingkat provinsi, nasional bahkan mendunia. (rs-infoblora)
Share this article :

1 komentar:

Susanto San said...

Boleh tu dibikin sanggar Barongan dlm satu pusat di buat event event sebagai penarik wisatawan lokal maupun internasional.seperti di bali ada kecak.utk promosi aku bantu deh lwt media online

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved