Blora on News :
Home » , » Hingga Kini Hasil Pengeboran Lapangan Migas ADK di Jiken Blora Belum Jelas

Hingga Kini Hasil Pengeboran Lapangan Migas ADK di Jiken Blora Belum Jelas

infoblora.com on Aug 6, 2015 | 11:00 AM

Aktifitas eksplorasi lapangan migas ADK di titik sumur NGBU #1 wilayah Kecamatan Jiken Blora.
BLORA. Hasil pengeboran kerja ulang (re-entry) empat sumur minyak di lapangan Alas Dara Kemuning (ADK) hingga kini belum diketahui. Padahal pengeboran itu telah selesai awal tahun ini. Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) selaku instansi yang salah satunya membidangi pertambangan minyak dan gas (migas) di Blora belum menerima laporan hasil pengeboran yang dilakukan PT Pertamina Eksplorasi dan Produksi Cepu) PEPC ADK tersebut.

”Laporannya belum disampaikan kepada kami, sehingga kami tidak tahu apakah pengeboran itu mendapatkan minyak atau tidak,” ujar Kepala ESDM Blora, Setyo Edy, kemarin.

Humas PEPC ADK Gayatri Handari dalam email yang dikirimkan kepada wartawan di Blora kemarin mengemukakan, PT Pertamina EP Cepu ADK (SKK Migas-PEPC ADK) selaku operator wilayah kerja Alas Dara Kemuning telah selesai melakukan kegiatan re-entry empat sumur.

”Saat ini hasil program re-entry masih dalam tahap kajian dan evaluasi, khususnya aspek keekonomian, terkait dengan situasi global menurunnya harga minyak dunia,” ujarnya. 

Menurutnya, saat ini SKK Migas-PEPC ADK sedang mempersiapkan pula kegiatan lanjutan, yaitu pemboran sumur eksplorasi pada 2016. Berdasarkan data yang dihimpun, lapangan migas ADK sebelumnya direlinquish (dikembalikan ke negara) oleh operator migas Blok Cepu, Mobil Cepu Limited (MCL). Oleh pemerintah, pengelolaan lapangan migas ADK kemudian diserahkan ke Pertamina.

Pada 26 Februari 2014, bertempat di Kementerian ESDM telah dilakukan penandatanganan kontrak Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) antara SKK Migas dengan PT† Pertamina EP Cepu ADK yang disaksikan oleh Menteri ESDM.

Wilayah kerja ADK sudah lama tidak diurus. Penandatanganan kontrak tersebut sebagai wujud implementasi Peraturan Menteri ESDM Nomor 3 tahun 2008, mengenai pedoman dan tata cara pengembalian bagian wilayah kerja yang tidak dimanfaatkan oleh kontraktor dalam rangka peningkatan produksi minyak dan gas bumi.

Sesuai komitmen dengan pemerintah, PT PEPC ADK† akan melakukan Studi GGRP, re-entry sumur, rencana pengembangan, seismik pasif dan 3D dan pemboran eksplorasi. Wilayah ADK memiliki luas sampai 24,96 km2.

Awal dimulainya re-entry sumur di lapangan ADK dilakukan 24 Agustus 2014. Re-entry dilakukan untuk menguji nilai cadangan sumur. Sumur yang kali pertama dibor adalah sumur Nglobo Timur (NGBT#01) di Desa Cabak Kecamatan Jiken.

Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Muhammad Husen hadir dalam peresmian re-entry sumur tersebut. Ketika itu, dia memperkirakan wilayah ini memiliki cadangan energi yang cukup besar, sehingga ke depan Blora menjadi daerah penyumbang energi nasional yang penting bagi bangsa ini. Re-entry sumur NGBT#01 ditargetkan selesai selama 55 hari kerja dan selanjutnya bisa dilaukan kegiatan serupa di sumur lainnya.

Adapun re-entry sumur lainnya yakni sumur NGBU#04 diresmikan 7 November 2014. Peresmian kegiatan re-entry sumur NGBU#04 ini dilakukan oleh Bupati Blora Djoko Nugroho bersama Komisaris PT Pertamina EP Cepu, Bagus Sudaryanto dan Boyke Moekijat, serta Direktur PEPC ADK Perry Widyananda. Peresmian ditandai dengan membunyikan sirine bertempat di lokasi sumur NGBU#04, Desa Nglobo, Kecamatan Jiken.

Melihat dari letak dan geografisnya, manajemen PEPC ketika itu meyakini bahwa sumur NGBU#04 memiliki hasil yang lebih besar dari sumur lainya. Namun dalam perkembangannya justru terjadi permasalahan di sumur NGBU#04. Pada 26 Desember 2014 muncul semburan lumpur bercampur gas dan air di kawasan persawahan dan hutan jati di Desa Nglobo. Diduga semburan itu sebagai ekses dari kegiatan re-entry sumur NGBU#04.

Jumlah semburan mencapai 41 titik yang tersebar di sejumlah lokasi. Setelah beberapa hari melakukan penanganan, PEPC berhasil menutup semburan tersebut. Warga yang sawahnya terkena dampak semburan telah menerima ganti rugi dari PEPC ADK. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved