Blora on News :
Home » , » Festival Barong Nusantara Bakal Ramaikan Karnaval HUT RI ke 70 di Blora

Festival Barong Nusantara Bakal Ramaikan Karnaval HUT RI ke 70 di Blora

infoblora.com on Aug 13, 2015 | 12:00 PM

Salah satu peserta Festival Barong Nusantara yang digelar tahun 2014 lalu. Tahun ini kembai akan digelar
bertepatan dengan peringatan HUT RI ke 70.
BLORA. Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Proklamasi Kemerdekaan RI ke 70 tahun ini di Blora bakal dimeriahkan dengan gelaran Festival Barong Nusantara. Festival Barong yang diselenggarakan untuk kedua kalinya ini sengaja dijadikan satu dengan karnaval pawai pembangunan HUT RI ke 70 agar lebih semarak.

Tahun lalu, Festival Barongan diselenggarakan pada 1 November 2014 dalam rangka Hari Jadi Blora ke 265. Namun tahun ini karena ada Pilkada pada akhir tahun nanti, maka event yang diperkirakan menyedot ribuan penonton ini diajukan bertepatan dengan HUT RI ke 70.

Kepala Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi Informatika (DPPKKI) Kabupaten Blora, Slamet Pamudji sebagai penanggungjawab kegiatan, mengungkapkan bahwa pihaknya telah menyiapkan serangkaian kegiatan untuk Festival Barong dengan tema Blora Banjir Barongan.

“Sejak sebulan lalu kita mulai menyusun konsep acara dan mengumumkan ke sejumlah seniman di Kabupaten Blora. Tidak hanya grup barongan dari sanggar saja yang akan mengikuti acara ini, namun peserta juga berasal dari tingkat sekolah SMP, SMA, Kecamatan sampai kantor-kantor dinas SKPD,” kata Slamet Pamudji.

“Pawai Pembangunan dan Festival Barong Nusantara akan dilaksanakan pada Rabu 19 Agustus 2015. Rencananya akan dimulai pukul 08.00 WIB dari start di Jl.Alun-alun Utara menuju Jl.Pemuda hingga Tugu Pancasila belok ke utara masuk Jl.Ahmad Yani hingga finish di GOR Mustika,” lanjut Slamet Pamudji.

Dengan mengambil start di Jl.Alun-alun Utara, peserta dipersilahkan antri di wilayah persiapan yang meliputi Jl.Alun-alun Barat hingga Jl.MR Iskandar, Jl.Kenanga, Jl.RA Kartini, Jl.Abu Umar, dan Jl.KHA Dahlan. Panggung kehormatan akan didirikan di titik start tepat depan gapura Pendopo Kabupaten.

Peserta pawai dan festival barong akan diawali dengan pasukan drumband disusul pasukan pembawa bendera merah putih dan pasukan bhinneka tunggal ika. Sedangkan peserta festibal barong pertama diawali dengan peserta eksebisi dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, dilanjutkan peserta festival kategori umum, disusul kategori SMP, SMA dan ditutup dengan kategori dinas instansi (SKPD).

Sementara, berdasarkan data pendaftaran peserta yang telah masuk. Sudah ada 42 tim yang siap memeriahkan karnaval pawai pembangunan dan festival barong, dengan rincian tingkat SMP 12 kelompok peserta, tingkat SMA 14 kelompok peserta, tingkat umum 7 kelompok peserta, dan tingkat dinas SKPD baru 9 kelompok peserta yang mendaftar. Kemungkinan besar peserta masih akan bertambah mengingat pelaksananaan masih 6 hari lagi.

“Untuk peserta kategori SMP-SMA dan Dinas Instansi (SKPD) selain menampilkan seni barongan, juga harus menampilkan potensi unggulan masing-masing sekolah dan dinas instansi. Sehingga selain mengenalkan budaya Blora juga mengenalkan potensi sekolah dan kantor masing-masing. Panitia telah menyiapkan sepuluh juri yang akan disebar di sejumlah titik sepanjang rute,” tambah Slamet Pamudji.

Selain dalam bentuk pawai, pada malam harinya yakni Rabu malam (19/8) Festival Barong Nusantara akan dilanjutkan dengan Pentas Barongan dengan konsep panggung. Rencana akan digelar mulai 19.00 WIB di kawasan Blok T Kota Blora. Akan ada beberapa grup barongan Blora yang pentas pada malam tersebut. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved