Blora on News :
Home » , » DPRD Blora Mulai Melakukan Pembahasan APBD Perubahan 2015

DPRD Blora Mulai Melakukan Pembahasan APBD Perubahan 2015

infoblora.com on Aug 22, 2015 | 2:30 AM

Siswanto, Ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD Kabupaten Blora. 
BLORA. DPRD membuktikan komitmen untuk segera membahas APBD Perubahan 2015. Apalagi Pemkab telah menyampaikan draf kebijakan umum anggaran dan plapon prioritas anggaran sementara (KUAPPAS) APBD-P 2015 kepada DPRD, pekan lalu. DPRD mengawalinya pembahasan KUA PPAS itu bersama tim ahli.

”Ini baru awal saja. Bagaimanapun kami harus meneliti satu persatu pengajuan anggaran dalam APBD-P 2015. Kami menggandeng tim ahli dari salah satu perguruan tinggi di Jateng,” ujar Siswanto, ketua Badan Legislasi (Banleg) DPRD Blora, kemarin.

Dia mengungkapkan, pekan depan DPRD akan menggelar rapat internal untuk menyusun agenda kerja pembahasan hingga penetapan APBD Perubahan 2015. Politisi asal Desa Rowobungkul, Kecamatan Ngawen itu mengemukakan, pembahasan APBD Perubahan harus segera dilakukan mengingat banyak agenda kerja yang harus segera diselesaikan DPRD menjelang akhir tahun ini.

”Tugas itu diantaranya pengajuan ranperda inisiatif DPRD. Belum lagi pembahasan RAPBD 2016 yang penetapannya harus dilakukan sebelum Desember 2015. Oleh karena itu kami awali penyelesaian tugas-tugas itu dengan melakukan pembahasan APBD-P 2015 terlebih dulu,” kata Siswanto.

Ketua DPRD Blora, Bambang Susilo dalam sambutan resepsi peringatan HUT Ke-70 Kemerdekaan RI di Alun-alun, Selasa (18/8) malam, berjanji akan menetapkan APBD Perubahan sesuai jadwal. ”Tidak perlu khawatir. Saya berjanji APBD Perubahan 2015 segera dibahas dan akan ditetapkan sesuai jadwal,” ujarnya.

Sontak janji itu membuat lega Pelaksana Tugas (Plt) Bupati, Ihwan Sudrajat. ”Saya sangat senang sekali. Ketua DPRD sudah memberikan kepastian APBD Perunahan 2015 akan ditetapkan sesuai jadwal. Makanya sambutan saya tidak perlu lama-lama,” tandas staf ahli gubernur Jateng itu saat diberi kesempatan menyampaikan sambutan di acara malam resepsi.

Bambang Susilo menyatakan, perlu segera dilakukan pembahasan hingga APBD Perubahan ditetapkan kelak antara lain untuk menjamin pelaksanaan Pilkada berjalan lancar. Sebab, dalam APBD Perubahan itu dianggarkan tambahan dana Pilkada. Berdasarkan informasi yang dihimpun, tambahan dana Pilkada untuk KPU di APBD Perubahan Rp 7,25 miliar. Sedangkan Panwas Rp 2 miliar.

Sebelumnya di APBD 2015, KPU mendapatkan dana Rp 11 miliar dan Panwas Rp 1,5 miliar. Kepastian adanya tambahan dana Pilkada telah dituangkan dalam Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) yang telah ditandatangani bupati, ketua DPRD serta KPU dan Panwas, 28 Mei 2015. 

”Tambahan dana Pilkada akan dianggarkan dalam APBD-P 2015. Oleh karena itu kami akan segera membahas untuk kemudian menetapkan APBD-Psesuai jadwal,” kata Bambang Susilo yang juga ketua Partai Demokrat Blora.

Sesuai ketentuan yang berlaku, APBD-P sudah harus ditetapkan tiga bulan sebelum berakhirnya tahun anggaran atau bulan Oktober. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved