Blora on News :
Home » , » Dinas ESDM Blora Gagas Pembuatan Kartu Penambang Minyak

Dinas ESDM Blora Gagas Pembuatan Kartu Penambang Minyak

infoblora.com on Aug 7, 2015 | 1:51 AM

Para penambang minyak sedang membersihkan bak tampungan minyak mentah hasil eksplorasi
sumur tua. Mereka akan diberi kartu penambang sebagai jaminan legalitas.
BLORA. Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Blora berencana menerbitkan kartu tanda penambang minyak sumur tua. Menurut Kepala Dinas ESDM, Setyo Edy, penerbitan kartu tersebut agar aktivitas pertambangan di sumur minyak tua di wilayah Blora menjadi lebih tertib. ’’Kapan kartu tersebut akan diterbitkan, tentu kami ingin sesegera mungkin,’’ujarnya, kemarin. 

Diakui, ide penerbitan kartu yang bakal menjadi identitas bagi setiap penambang itu muncul ketika mengikuti Pendidikan dan Latihan (Diklat) Kepemimpinan Tingkat II Provinsi Jawa Tengah, belum lama ini.

Ide itupun telah dipresentasikan dalam diklat. Menurutnya peserta maupun mentor diklat mendukung penuh ide tersebut. ’’Karena memang tujuannya baik dan pengaplikasiannya pun tidak sulit,’’tandasnya.

Dia menjelaskan, mekanisme penerbitan kartu diawali dari pengajuan yang dilakukan Koperasi Unit Desa (KUD) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) PT Blora Patra Energi (BPE) serta BUMD Jateng. Ketiga lembaga itu selama ini adalah pihak yang diberi kewenangan oleh pemerintah untuk turut serta dalam pengelolaan sumur minyak tua.

Dalam pengelolaan sumur tersebut, KUD dan BUMD melibatkan penambang tradisional yang sebagian besar diantaranya adalah warga di desa di mana sumur peninggalan Belanda itu berada. KUD dan BUMD mengajukan nama-nama penambangnya. Setelah itu Dinas ESDM akan lakukan verifikasi administrasi maupun lapangan. Barulah kemudian diterbitkan kartu tanda penambang minyak sumur tua. ’’Yang tidak memiliki kartu penambang berarti penambang ilegal,’’ tegasnya.

Dia menyatakan, pengelolaan sumur tua di Blora selama ini dinilai bagus. Bahkan Asosiasi Daerah Penghasil Migas (ADPM) yang dulu disebut Forum Konsultasi Daerah Penghasil Migas (FKDPM) juga telah memberikan penghargaan.

ADPM pun merekomendasikan daerah penghasil migas yang menjadi anggota asosiasi untuk belajar dan menjadikan Blora sebagai lokasi studi banding dalam pengelolaan sumur minyak tua. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved