Blora on News :
Home » , , » Di Depan Ganjar, Warga Jati Blora Minta Bantuan Air Bersih Berkelanjutan

Di Depan Ganjar, Warga Jati Blora Minta Bantuan Air Bersih Berkelanjutan

infoblora.com on Aug 12, 2015 | 3:30 PM

Darsini dan Dariyem warga Desa Jati saat mengambil air bantuan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo.
BLORA. Acara penyerahan bantuan air bersih yang dilakukan Gubernur Ganjar Pranowo, Rabu (12/8)  di Dukuh Karangrejo Desa Jati Kecamatan Jati Blora direspon positif oleh warga. Darsini salah satu warga RT 02 RW 05 setempat mengungkapkan rasa senangnya dengan adanya bantuan air bersih ini.

“Alhamdulillah ada bantuan air bersih lagi. Setiap hari kami harus jauh-jauh mencari air, setelah subuh biasanya ambil air antri di sumur tepi sungai beramai-ramai. Kalau kesiangan sedikit sudah habis airnya. Saya harap bantuan seperti ini bisa dilakukan berkelanjutan mengingat kemarau tahun ini kabarnya akan berlangsung lama,” ucap Darsini di depan Ganjar Pranowo.

Di depan Ganjar, warga minta bantuan air bisa berkelanjutan.
Sementara itu Gubernur Ganjar Pranowo menanyakan berapa kebutuhan air warga setiap harinya. “Sedinten butuh toya pinten jerigen bu?” tanya Ganjar.

“Ya sehari minimal 4 jerigen Pak, 2 jerigen buat minum ternak satu ekor sapi lalu sisanya untuk masak, minum, dan keperluan mandi. Ini saya antri 4 jerigen paling juga habis sehari. Tapi alhamdulillah tidak perlu jauh-jauh mengambil di sungai tengah hutan,” jawab Dariyem, salah satu warga.

“Jadi air bersih ini selain untuk kebutuhan manusia, tapi juga untuk kebutuhan ternak? Waah ini perlu diperhitungkan kedepan. Bahwa nanti kalau menyusun rencana bantuan air bersih jangan menghitung kebutuhan orangnya saja tapi juga diperhatikan hewan ternaknya,” kata Ganjar.

Ganjar mengakui bahwa penyaluran bantuan air bersih ini adalah langkah penanggulangan jangka pandek, bahkan ia mengatakan pendek sekali dalam menangani kekeringan di musim kemarau. Pihaknya kedepan akan mengupayakan konservasi sumber-sumber air untuk penanganan jangka menengah. Sedangkan untuk jangka panjangnya menurut Ganjar akan diadakan pembangunan ribuan embung. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved