Blora on News :
Home » , » Deteksi Penyebaran HIV/AIDS, Dinas Kesehatan Blora Periksa Sampel Darah PSK

Deteksi Penyebaran HIV/AIDS, Dinas Kesehatan Blora Periksa Sampel Darah PSK

infoblora.com on Aug 8, 2015 | 5:00 AM

Pengambilan sampel darah PSK oleh petugas Dinas Kesehatan Blora.
BLORA. Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora akan melakukan pemeriksaan kesehatan kepada para pekerja seks komersial (PSK) di sejumlah lokasi di Blora. Pemeriksaan kesehatan itu untuk memastikan apakah PSK terjangkit penyakit HIV/AIDS atau tidak. 

Dinkes menyebut pemeriksaan tersebut sebagai klinik Voluntary Counseling Test (VCT) mobile. Kepala Dinkes Blora, Henny Indriyanti, melalui Kepala Bidang Pencegahan Penanggulangan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Pemukiman (P2PLP), Lilik Hernanto mengemukakan, selama ini klinik VCT menetap di dua tempat yakni di RSU Dr Soetijono Blora dan RSU Dr R Soeprapto Cepu.

Klinik VCT tersebut menjadi jujukan para PSK ataupun warga lainnya untuk memeriksakan diri apakah terjangkit HIV/AIDS atau tidak. Kedatangan mereka pun secara sukarela. Kerahasiaan indentitas mereka mendapat jaminan pihak rumah sakit maupun Dinkes.

“Sekarang akan ada klinik VCT mobile. Kami akan luncurkan dalam waktu dekat ini dengan mendatangi lokasi-lokasi mangkal para PSK,” ujar Lilik Hernanto, Jumat (7/8) kemarin.

Menurut Lilik, animo masyarakat maupun PSK untuk memeriksakan diri di klinik VCT di rumah sakit Blora maupun Cepu selama ini tergolong tinggi. Tahun lalu saja lebih dari 70 orang memeriksakan diri di klinik VCT tersebut. 

“Dengan adanya klinik VCT mobile diharapkan deteksi dini penyakit HIV/AIDS bisa lebih maksimal,” tandasnya. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)


Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved