Blora on News :
Home » , » Debit Sumber Mata Air Pegunungan Kendeng Utara di Blora Mulai Menyusut

Debit Sumber Mata Air Pegunungan Kendeng Utara di Blora Mulai Menyusut

infoblora.com on Aug 10, 2015 | 1:00 AM

Salah satu sumber air di sendang Desa Soko Kecamatan Jepon mulai menyusut debitnya saat kemarau ini.
BLORA. Sumber mata air yang ada di lereng Pegunungan Kendeng Utara Kabupaten Blora, memasuki musim kemarau saat ini mulai berkurang debit airnya. Meskipun demikian air yang ada masih mencukupi kebutuhan warga sekitar sumber air tersebut. 

Di Blora sumber air alami lereng kendeng sebenarnya cukup banyak dan kalau dikelola dengan baik akan bisa mengurangi masalah kekurangan air bersih saat musim kemarau.
Mata air yang ada tersebut salah satunya yang paling banyak adalah di desa-desa yang berada di lereng pegunungan kendeng utara. 

Di desa-desa itu banyak sumber mata air yang selama ini menjadi gantungan masyarakat akan air bersih. Beberapa diantaranya ada yang sudah di manfaatkan dengan membuat bak-bak penampungan agar masyarakat bisa mudah mengambilnya. Beberapa lainnya masih dibiarkan dan hanya dibuat kolam-kolam. Namun juga ada yang banyak dibuang karena tidak bisa mengolahnya.

Dari pantuan langsung, sumber air itu bisa ditemukan mulai dari Desa Waru, Soko Kecamatan Jepon, kemudian Desa Jurangjero, Nglengker, Tempurejo dan desa-desa yang masuk kecamatan Bogorejo di lereng pegunungan kendeng utara dan berbatasan dengan Kabupaten Rembang dan Tuban.

Rasman salah seorang warga Desa Soko, Kecamatan Jepon Blora mengatakan bahwa sumber air yang ada didesanya cukup banyak, selama ini ada juga air yang  dialirkan ke masing-masing rumah dengan cara manual.

Namun masih ada beberapa sumber air yang belum dialirkan dan warga yang tidak memiliki biaya tidak melakukannya. Untuk itu jika ada program untuk memanfaat air itu maka amat dirasakan langusng masyarakat.

“Mata air yang ada, mampu mencukupi kebutuhan air warga desa, saat kemarau ini memang berkurang debit airnya tapi masih cukup,” ujar Rasman yang juga tokoh pemuda setempat. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved