Blora on News :
Home » , » Ada Penderita Kaki Gajah, Dinkes Blora Periksa Sampel Darah Warga Desa Menden

Ada Penderita Kaki Gajah, Dinkes Blora Periksa Sampel Darah Warga Desa Menden

infoblora.com on Aug 11, 2015 | 11:00 AM

Mengantisipasi penyebaran penyakit kaki gajah, warga Desa Menden Kec.Kradenan diambil sampel darahnya.

BLORA. Dinas Kesehatan (Dinkes) Blora mengambil sampel darah sejumlah warga Desa Menden Kecamatan Kradenan. Itu dilakukan setelah ada warga di desa tersebut yang diduga terserang penyakit kaki gajah (filariasis).

Kepala Dinkes dr Henny Indriyanti M.Kes melalui Kepala Bidang Pencegahan, Pemberantasan Penyakit dan Penyehatan Lingkungan Permukiman (P3LP) Dinas Kesehatan Lilik Hernanto menjelaskan, pemeriksaan sampel darah itu merupakan prosedur baku manakala diketahui adanya warga yang diduga mengidap penyakit kaki gajah.

‘’Pengambilan sampel darahnya dilakukan belum lama ini. Sampel darah itu kami periksakan di salah satu laboratorium di Yogyakarta. Kami masih menunggu hasil pemeriksaan tersebut,’’ ujarnya, Selasa (11/8).

Menurut Lilik, pemeriksaan itu sangat penting dilakukan. Hasilnya akan diketahui siapa orang-orang yang sudah terjangkit cacing vilaria sehingga sesegera mungkin dilakukan pengobatan sebelum berkembang menjadi penyakit kaki gajah.

Dia mengungkapkan, tindakan dini sangat perlu. Pasalnya, jika microvilaria yang ada di dalam tubuh manusia itu tidak segera dimusnahkan, pada suatu saat akan menimbulkan penyakit kaki gajah.

Masa inkubasi penyakit itu 1-6 tahun. Artinya, jika microvilaria sudah mengenai darah seseorang, 1-6 tahun mendatang orang tersebut akan menderita penyakit kaki gajah. (Abdul Muiz-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved