Blora on News :
Home » , , » Thethek Bersama Warga, TNI Koramil Banjarejo Berpatroli Sambil Bangunkan Sahur

Thethek Bersama Warga, TNI Koramil Banjarejo Berpatroli Sambil Bangunkan Sahur

infoblora.com on Jul 5, 2015 | 1:00 AM

Anggota TNI Koramil 03 Banjarejo bersama warga berpatroli sambil memainkan musik thethek
untuk membangunkan warga sahur.
BLORA. Ada suasana yang berbeda, Sabtu dini hari kemarin (4/7) saat pelaksanaan thethek di Kecamatan Banjarejo. Thethek yang merupakan musik tradisional untuk membangunkan warga saat waktu makan sahur, biasanya dimainkan para pemuda namun kini dimainkan juga oleh para anggota TNI Koramil 03 Banjarejo.

Sejak pukul 01.00 WIB dini hari para pemuda dan anak-anak dari beberapa RT di Desa Banjarejo Kecamatan Banjarejo mulai berkumpul bersama sejumlah Babinsa TNI Koramil 03 Banjarejo. Setiap RT di wilayah Banjarejo memiliki satu grup musik thethek yang diiringi dengan alat musik tradisional dan perkusi sederhana seperti kentongan, botol, galon, jerigen dll.

Warga yang terdiri dari pemuda dan anak-anak tampak antusias mengikuti kegiatan patroli keamanan sekaligus thethek membangunkan orang untuk makan sahur bersama para anggota TNI. “Saya senang bisa mengikuti kegiatan thethek bersama bapak tentara. Bisa ikut membantu patroli menjaga keamanan sekaligus melestarikan budaya musik thethek penggugah sahur,” ungkap Deni, salah satu peserta thethek.

Sementara itu anggota TNI Babinsa Banjarejo Serka Sudarno mengungkapkan bahwa sebenarnya kegiatan patroli keamanan sudah dilakukan secara rutin, namun karena bertepatan dengan bulan ramadhan maka patroli dilakukan sekaligus dengan thethek berkeliling desa bersama warga.

“Kami bersama masyarakat dansejumlah anggota koramil terus melakukan patroli kemanan wilayah, terutama saat bulan ramadhan mendekati lebaran biasanya angka kejahatan meningkat. Dengan adanya patroli kemanan sekaligus thethek ini bisa meningkatkan keamanan dan semakin sengkuyung antara TNI dengan masyarakat dalam menjaga kesatuan wilayah NKRI khususnya wilayah Banjarejo Blora,” jelas Serka Sudarno.

Berdasarkan pantauan di lapangan kemarin, ratusan anak-anak dan pemuda desa berkumpul dan bergabung dengan anggota TNI melakukan thethek keliling desa sejauh 4 km. Selain berpatroli malam hari, mereka juga membangunkan warga untuk menjalankan makan sahur. Kagiatan thethek dilakukan mulai pukul 01.00 WIB hingga 03.00 WIB.

Sejumlah alat musik perkusi tradisional ditabuh ramai-ramai dengan irama yang rampak dan kompak. Sesekali mereka bernyanyi bersahutan sambil berteriak sahur-sahur di jalanan. Suasana seperti ini sudah meruapakan tradisi masyarakat setempat saat bulan Ramadhan. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved