Blora on News :
Home » , » Soesilo Toer Usulkan Perubahan Jalan Sumbawa di Blora Jadi Jalan Pramoedya

Soesilo Toer Usulkan Perubahan Jalan Sumbawa di Blora Jadi Jalan Pramoedya

infoblora.com on Jul 21, 2015 | 7:51 AM

Jalan Sumbawa Jetis Blora diusulkan untuk diganti menjadi Jalan Pramoedya Ananta Toer.
BLORA. Wacana penggunaan nama Pramoedya Ananta Toer sebagai salah satu nama jalan di Blora kembali mencuat akhir-akhir ini. Setelah beberapa waktu lalu Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) Blora pernah membicarakan hal ini. Kini giliran adik kandung tokoh sastrawan dunia asal Blora ini yakni Soesilo Toer yang mengusulkan kepada pemerintah.

Soesilo Toer mengusulkan agar nama Jalan Sumbawa yang menjadi alamat rumah keluarga Mastoer (ayahnya) dan keluarga besar Pram bisa diubah menjadi Jalan Pramoedya Ananta Toer. Bukan tanpa alasan dan bukan hal yang muluk-muluk. Pramoedya Ananta Toer adalah tokoh sastrawan Indonesia asal Blora yang telah mendunia. Banyak karya-karya nya yang diterjemahkan ke banyak bahasa. Sehingga sudah sepantasnya kalau nama sastrawan besar ini dikenang sebagai nama jalan di Blora.

“Dengan adanya perubahan nama jalan itu setidaknya bisa menjadi salah satu bentuk penghargaan yang diberikan pemerintah kepada sosok sastrawan terkenal ini. Sebab banyak jalan di Blora yang menggunakan tokoh lokal,” jelas Soesilo.

Menurutnya, beberapa jalan ada salah satu  tokoh yang hanya memiliki rekam jejak biasa-biasa saja sehingga namanya diabadikan menjadi nama jalan. Dengan logika itu, seharusnya sosok Pramoedya Ananta Toer bisa menjadi pertimbangan agar nama kakaknya tersebut bisa menjadi nama jalan. “Saya berharap nantinya bisa dipertimbangkan. Mengingat Pram juga telah mewakili Indonesia di kancah dunia dans udah banyak diakui,” harapnya.

Soesilo Toer yang masih setia tinggal di rumah peninggalan Mastoer dan Pramoedya Jl.Sumbawa no.40 Jetis Blora menjelaskan bahwa pihaknya telah beberapa kali berdiskusi dengan beberapa pihak terkait tentang usulan ini. “Upaya mengubah nama jalan sebenarnya sudah pernah diperbincangkan dalam diskusi dengan beberapa pihak. Dalam disukusi itu ada usulan jika nama jalan yang menjadi alamat rumah keluarga Mastoer atau bapak Pram diubah menjadi nama Jalan Pramudya Ananta Toer,” kata  Soesilo Toer 

Ia pun sebenarnya telah melakukan upaya promosi pergantian nama jalan tersebut, yakni dilakukan dengan mencantumkan nama Jalan Pramudya Ananta Toer di buku Pram Dalam Bubu karya Soesilo Toer yang dilaunching beberapa bulan lalu saat memperingati Haul Pram. Pada identitas buku itu terdapat alamat penerbit yang tidak lain adalah PATABA, yakni Perpustakaan Pramoedya Ananta Toer Anak Semua Bangsa yang dikelola sendiri oleh Soesilo Toer.

“Rumah ini saya tinggali dengan keluarga. Selain itu, dirumah ini juga ada perpustakaan PATABA yang saya kelola secara mandiri untuk mengenang karya-karya Pramoedya dan karya saya,” ungkap Soesilo yang juga penulis ini. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved