Blora on News :
Home » , » Sidak Angkutan Jelang Mudik, DPPKKI dan Satlantas Tilang 7 Bus Pelanggar Trayek

Sidak Angkutan Jelang Mudik, DPPKKI dan Satlantas Tilang 7 Bus Pelanggar Trayek

infoblora.com on Jul 8, 2015 | 6:51 AM

Petugas DPPKKI dan Satlantas Polres Blora menilang beberapa bus yang menyalahi trayek di Terminal Cepu.
BLORA. Meskipun arus mudik Lebaran belum begitu padat, tapi sejumlah pelanggaran telah ditemukan jajaran Dinas Perhubungan Pariwisata Kebudayaan Komunikasi dan Informatika (DPPKKI) bersama Satlantas Polres Blora dan Dinas Kesehatan saat melakukan sidak pemeriksaan kelayakan angkutan umum di Terminal Cepu, Selasa (7/7) kemarin. Di antaranya adalah pelanggaran trayek jalan yang dilakukan oleh armada bus.

Kepala Bidang Lalu lintas dan Angkutan Jalan (LLAJ) DPPKKI Blora, Ignatius Ary Susanto mengatakan, ada tujuh bus yang melanggar trayek. Yakni melebihi jalur yang tertera di surat jalannya. “Untuk fisik kendaraan semua sudah memenuhi syarat. Namun dari sepuluh armada bus yang diperiksa, setidaknya ada tujuh armada yang melanggar trayek perjalanan,” kata Ary.

Sehingga dengan adanya temuan seperti ini, pihaknya melakukan tindakan penilangan. Jika ingin kembali jalan, armada tersebut harus memenuhi syarat terlebih dahulu baru bisa beroperasi kembali.

”Ya kami tilang. Agar nantinya mereka nanti bisa tertib dalam memenuhi surat yang telah tertera. Misal sampai Purwodadi, ya Purwodadi jangan sampai Cepu. Sebab semua bus itu sudah ada trayeknya masing-masing,” ujarnya.

Sementara itu dari hasil tes urine oleh awak bus tidak ditemukan para pengemudi yang mengkonsumsi alkohol dan mengkonsumsi narkoba dan semua dinyatakan negatif. Dari 20 awak bus yang diperiksa tidak ada temuan awak bus yang positif mengkonsumsi alkohol dan narkoba. Meski demikian, pihaknya berharap mereka tetap menjaga kesehatannya sebab mereka memiliki beban berat membawa banyak penumpang.

Selain itu juga dilakukan pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi angkutan umum. Kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi pengendara saat mudik Lebaran 2015.

Menurutnya dalam pemeriksaan tersebut dilakukan pemeriksaan fisik kendaraan, alat keselamatan dan surat-surat kendaraan. Sementara itu dalam pemeriksaan kesehatan dilakukan tes urine untuk memastikan bahwa para awak angkutan mudik siap dalam menjalankan tugasnya mengantarkan para pemudik sampai tujuan. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved