Blora on News :
Home » , » Ruang Pusat Data dan Informasi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Blora Terbakar

Ruang Pusat Data dan Informasi Kantor Pelayanan Pajak Pratama Blora Terbakar

infoblora.com on Jul 21, 2015 | 12:00 AM

Petugas damkar BPBD Blora membersihkan puing sisa kebakaran di dalam ruangan Pusat Data dan Informasi
KPP Pratama Blora, kemarin.
BLORA. Ditengah suasana liburan Lebaran dimana semua pekerja masih menjalani cuti bersama, tiba-tiba warga Blora dikagetkan dengan peristiwa kebakaran Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Blora. Dalam suasana cuaca yang panas, Senin siang (20/7) kemarin sekitar pukul 12.00 WIB kepulan asap tampak keluar dari jendela lantai dasar gedung bertingkat tersebut.

Peristiwa berawal ketika salah satu warga melihat ada kepulan asap keluar dari gedung KPP Pratama saat ia melintas di Jl.Gunandar. Yakni Murwanto warga Dukuh Gulingan Desa Tempurejo Kecamatan Blora. “Saat saya lewat, ternyata sudah ada kepulan asap keluar dari dalam gedung. Melihat hal tersebut saya melapor ke pos jaga satpam KPP Pratama dan bersama-sama melakukan pengecekan ke dalam,” ungkap Murwanto.

Karena semua pegawai kantor masih libur, maka diperkirakan tidak ada satupun pegawai di dalam gedung KPP Pratama. “Saya tahu adanya kebakaran justru dilapori warga yang lewat. Begitu dilapori, saya langsung bergegas masuk menyelamatkan dokumen-dokumen penting dan melakukan pemadaman darurat. Pemadam kebakaran (damkar) dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) juga langsung saya hubungi,” jelas Satpam KPP Pratama, Supriyono.

Tak berselang lama, 2 unit damkar DPBD Blora dibantu 2 truk tangki penyuplai air datang ke lokasi kejadian. Dengan sigap para petugas damkar langsung mengambil posisi untuk melakukan pemadaman. Kepala Pelaksana (Kalak) DPBD Kabupaten Blora, Sri Rahayu ikut terjun langsung ke lapangan membantu upaya pemadaman.

“Alhamdulillah dalam waktu 30 menit api sudah berhasil kita padamkan. Yang terbakar adalah ruangan Pusat Data dan Informasi (PDI) yang berada di lantai dasar. Beberapa komputer dan berkas-berkas dokumen penting terbakar,” kata Sri Rahayu.

Petugas memasang garis polisi di dalam gedung KPP Pratama Blora karena
banyak dokumen penting yang harus diselamatkan dari kebakaran.
Sementara itu salah satu petugas damkar, Agung Tri menjelaskan bahwa pemadaman berhasil dilakukan dengan baik sehingga api tidak menjalar ke bagian gedung lainnya. “Secara cepat saya dan teman-teman berupaya melokalisir titik api. Beberapa kaca ruangan terpaksa dipecah agar asap bisa keluar. Alhamdulillah api bisa dipadamkan dengan cepat sehingga tidak membakar semua gedung yang ada di Jl.Gunandar no.2 Blora ini,” bebernya.

Akibat peristiwa kebakaran ini ratusan berkas di beberapa lemari terbakar, ada dua unit komputer juga hangus. Beberapa meja kerja di dalam ruangan PDI terbakar dan rusak. Untuk jumlah kerugian total masih dalam penyelidikan.

Kapolres Blora, AKBP Dwi Indra Maulana melalui Kapolsek Blora AKP Sudarno menjelaskan peristiwa kebakaran di KPP Pratama sempat menjalar ke ruang lobby di depan. Namun karena petugas cepat melakukan pemadaman sehingga api tidak menjalar luas ke bagian gedung yang lain.

“Hingga kini pihak kepolisian masih terus melakukan penyelidikan penyebab kebakaran di kantor KPP Pratama Blora. Hanya saja diduga api muncul akibat konsleting listrik pada kabel power salah satu jaringan komputer yang ada di dalam ruangan Pusat Data dan Informasi,” jelas AKP Sudarno.

Karena peristiwa kebakaran ini, lalu-lintas di Jl.Gunandar siang itu sempat macet karena banyaknya pengguna jalan yang berhenti untuk menyaksikan petugas damkar melakukan pemadaman. Petugas Satlantas Polres Blora tampak sibuk mengatur arus lalu lintas di depan Gedung KPP Pratama Blora. (rs-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved