Blora on News :
Home » , » Perajin Batik Blora Diminta Kelola Limbah Cair Ramah Lingkungan

Perajin Batik Blora Diminta Kelola Limbah Cair Ramah Lingkungan

infoblora.com on Jul 9, 2015 | 6:16 AM

Puluhan perajin batik mengikuti sosialisasi pengelolaan limbah cair dengan IPAL komunal di Gedung Setda Blora.
BLORA. Pelaku usaha mikro batik Blora, tidak boleh membuang limbah cair di selokan dan sungai. Jika nekat membuang limbah ke sungai sanksinya cukup berat. Pasalnya limbah cair sisa produksi batik jika dibuang sembarangan akan menimbulkan pencemaran lingkungan.

’’Saya senang usaha batik di Blora bisa tumbuh dengan baik, dan mampu mengerakkan ekonomi masyarakat, namun limbah yang ada dikelola baik,’’ kata Bupati Djoko Nugroho kepada para perajin batik dan perwakilan dari satuan kerja perangkat daerah (SKPD) saat ’’Sosialisasi Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 17 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Limbah Cair Bagi Usaha Mikro Batik Dengan Instalasi Pengolah Air Limbah Komunal’’ di Ruang Pertemuan Setda Blora, Rabu (8/7).

Menurut dia, dengan instalasi pengelolaan limbah air limbah (IPAL) komunal maka produksi batik akan ramah lingkungan sehingga tidak mengakibatkan pencemaran yang bisa merugikan masyarakat. Dalam sosialisasi tersebut juga dihadiri, Plt Sekda Sutikno Slamet, Asisten II Bondan Sukarno serta perwakilan dari PT Pertamina EP Asset 4 Fild Cepu.

Plt Sekda Sutikno Slamet menambahkan, kalau pengolahan limbah merupakan hal yang penting. Sebab merupakan salah satu syarat untuk pengurusan izin usaha.
Nantinya satu unit instalasi harus bisa digunakan untuk komunitas perajin yang ada. Adanya IPAL ini penting sehingga perajin batik akan semakin maju. ’’Yang siap untuk maju akan diantarkan sedangkan bagi yang belum akan terus didorong,’’katanya.

Sementara itu, Kepala BLH Blora, Wahyu Agustina mengatakan, sosialiasi ini agar perajin dan pelaku usaha mikro Batik tahu usaha yang dilakukan harus ramah lingkungan. Dan dan Perbup sudah cukup banyak diantur termasuk Pemkab akan menyediakan IPAL komunal. ’’Salah satu tujuannya agar perajin menerapkan prinsip ramah dan peduli terhadap lingkungan,’’ tegasnya. (gie-SMNetwork | Jo-infoblora)
Share this article :

0 komentar:

 
Powered by : Mas Kolis
Info Iklan
Copyright © 2016. infoblora.com - All Rights Reserved